Jambi Diusulkan Masuk di Rute Tour de Singkarak

Editor: Mahadeva WS

247
Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit/Foto: M. Noli Hendra

PADANG – Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) masih membahas usulan dari Pemerintah Provinsi Jambi untuk memasukan wilayah tersebut dalam rute Tour de Singkarak (TdS) 2018. 

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, pembahasan yang dimaksud adalah pertimbangan kondisi jalan nasional Sumbar-Jambi. “Yang perlu adanya kepastian, apakah sudah layak apa belum,” jelasnya, Senin (25/6/2018).

Pemprov Sumbar tidak mempermasalahkan jika di TdS 2018 akan ada rute baru dan bisa melalui dua provinsi. Selama ini, rute yang ada masih berada di seputar 18 kabupaten dan kota di Sumatera Barat. “Kita sambut baik usulan itu, apalagi dari kementerian mendukung adanya rute TdS ini melalui Jambi tepatnya di daerah Sungai Penuh,” tambahnya.

Nasrul menjelaskan, untuk TdS 2018, kemungkinan besar dukungan dana tidak sebesar dulu dari Kementerian Pariwisata. Oleh karenanya di tahun ini penyelenggaraan TdS perlu didukung oleh APBD baik Provinsi Sumbar maupun kabupaten dan kota yang dilalui rute TdS.

Beberapa waktu lalu menurutnya, Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Arcandra berharap, persoalan jalan nasional yang akan dilalui rute TdS dapat segera dibahas dan dikerjakan, apabila ada yang perlu diperbaiki. “Adanya dukungan dari Pak Wamen, tentu kedepan perlu dilanjutkan pembicaraannya dengan Kementerian PU agar kondisi jalan nasional benar-benar layak dilalui para pebalap,” sebutnya.

Sejauh ini, pembahasan rute dari Jambi-Sumbar belum dibahas dan belum ditentukan. Masih perlu adanya kepastian dari Kementerian Pariwisata. “Kita tunggu dulu bagaimana nanti tanggapan dari Kementerian Pariwisata. Setelah itu, baru kita bicara rute, dan barulah kita lihat bagaimana kondisi jalannya, jika ada yang perlu diperbaiki, maka akan dikoordinasikan dengan Kementerian PU,” tegasnya.

Selain itu, sebagai bentuk komitmen Pemprov Sumbar terkait usulan tersebut, sejumlah pihak telah dikumpulkan pada rapat perdana untuk persiapan even balap sepeda internasional tersebut. Rapat dipimpin langsung oleh Wagub Nasrul Abit itu menyatakan, TdS 2018 akan berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya.

Salah satu perbedaanya, TdS 2018 akan melalui mulai dari pusat pemerintahan di Kabupaten Solok Selatan menuju ke Sungai Penuh Kerinci, kemudian menuju ke Kabupaten Pesisir Selatan. Khusus rute Solok Selatan-Kerinci, perlu mendapatkan pembahasan teknisnya. Utamanya untuk mengetahui panjang rute dan kondisi jalan.

Adanya rute ke Kerinci Provinsi Jambi merupakan permintaan dari pemerintah daerah setempat.  TdS 2018 merupakan TdS ke-10 sebagai upaya pemerintah mempromosikan wisata di Sumbar. Tidak hanya wisata alam, tetapi juga wisata kuliner.

Baca Juga
Lihat juga...