Jelang Berbuka Puasa, Habiskan Waktu Berwisata Panahan

Editor: Satmoko

136

MATARAM – Selain sebagai tempat ibadah, areal halaman Islamic Center (IC) Mataram juga bisa menjadi salah satu lokasi wisata atau rekreasi bagi masyarakat Kota Mataram.

Di area luas ini, jika sore hari, bisa pula digunakan untuk ngabuburit maupun jalan-jalan. Suasananya nyaman untuk bersantai di sore hari sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Selama Ramadan, areal halaman IC hampir setiap hari selalu ramai setiap sore, baik oleh jamaah maupun warga lain yang ingin berwisata.

Areal IC juga menjadi tempat pelaksanaan Pesona Khazanah Ramadan (PKR) dengan berbagai kegiatan, mulai bazar buku-buku islami, seni budaya hingga bazar aneka kuliner lokal khas NTB.

Salah satu fasilitas yang tersedia adalah untuk olahraga panahan. Jenis olahraga panahan ini sengaja disediakan panitia sebagai ajang uji coba kemampuan, juga sebagai sarana rekreasi. Di sore hari bulan Ramadan, pengunjung yang datang ke area panahan, biasanya memang hanya ingin coba-coba saja.

“Olahraga panahannya asyik, selain bisa jadi rekreasi bagi warga yang sekadar mencoba maupun menonton, juga bisa belajar cara memanah yang benar,” kata Sofian, warga Desa Gunung Sari, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (3/6/2018).

Menurut Sofian, daripada berdiam diri di rumah, buat badan makin lemas, lebih baik jalan-jalan ke IC. Banyak hal bisa dilakukan, selain rekreasi juga bisa melihat pameran dan bazar buku murah, termasuk mencoba olahraga panahan itu.

Ia mengaku, setiap sore dirinya biasa keluar rumah, baik sekadar untuk jalan-jalan sore maupun membeli aneka makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Maka, jelang berbuka dirinya baru pulang.

Hendri, salah seorang pelatih olahraga panahan menjelaskan, sejak dibuka awal Ramadan, setiap sore stand olahraga selalu ramai dan cukup diminati masyarakat, baik kalangan remaja maupun orang dewasa.

“Paling banyak mencoba olahraga panahan anak remaja, ada yang berhasil ada yang tidak,” katanya.

Dikatakannya dalam mencoba olahraga panahan, dibutuhkan kesabaran, ketenangan, fokus dan tidak menyerah seperti halnya berpuasa. Jadi kalau tidak sabar maka akan sulit.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.