Jelang Kolombia vs Inggris, Falcao Punya Darah Inggris

Editor: Satmoko Budi Santoso

246
Radamel Falcao, punya darah Inggris. Foto: fifa.com

RUSIA – Kolombia bakal berhadapan dengan Inggris di babak 16 besar Piala Dunia Rusia. Striker Kolombia, Ramadel Falcao, menjadi sorotan karena menjadi penyerang yang bisa menghambat ambisi Inggris lolos babak perempat final.

Sejauh ini, Falcao memang baru mencetak satu gol bagi Kolombia di Piala Dunia Rusia. Namun mantan rekan setimnya, Barry Cahill, telah memperingatkan The Tree Lions agar mewaspadai permainan Falcao, jika ingin tetap lolos perempat final.

Di sisi lain, duel kedua tim mengungkap cerita menarik. Pemain dengan nama lengkap Radamel Falcao Garcia Zarate yang pernah berkostum Manchester United dan Chelsea ternyata memiliki darah Inggris. Fakta ini tengah menjadi perbincangan hangat jelang bentrok Inggris kontra Kolombia.

Falcao diketahui memiliki asal usul dari Yorkshire, sebuah kota bersejarah di Inggris bagian utara. Di kota itulah tempat kekek buyut striker berusia 32 tahun itu lahir. Kakek buyut Falcao, George King, yang juga seorang akuntan disebut sebagai pegolf andal dari Selby, Yorkshire Utara.

Ia kemudian pindah ke Amerika Selatan pada tahun 1932 di mana ia menikah dengan gadis Kolombia bernama Julian. Julian kemudian melahirkan nenek Falcao, ibu dari ayahnya, Garcia.

Falcao Sr bahkan pernah mencoba mendapatkan paspor Inggris untuk buah hatinya dalam upaya membantunya pindah ke Eropa saat Falcao masih remaja. Namun sayang aplikasi yang diajukannya ditolak otoritas Inggris.

Kepada Daily Mail dalam sebuah wawancara pada 2014 silam, Garcia mengaku bangga dengan asal usulnya. “Saya bangga dengan darah Inggris yang mengalir di tubuh saya,” ucap Garcia seperti dikutip Mirror.

Menurut Garcia, ia mengajukan aplikasi untuk mendapatkan paspor Inggris bagi anaknya saat Falcao berusia 13 tahun. “Saya pergi ke kedutaan. Saya pikir dengan memegang paspor Inggris akan membantunya pindah ke Eropa. Tapi saat itu permohonan ditolak,” terangnya.

Dan kini putranya, Falcao, bersiap memulangkan Inggris dari Piala Dunia saat bertemu Kolombia. “Falcao adalah striker top. Dia pemain yang harus diwaspadai saat bertanding,” ucap Cahill yang pernah satu tim di Chelsea bersama Falcao.

Baca Juga
Lihat juga...