Jelang Lebaran, Harga Cabai Melonjak, Petani Tuai Untung

Editor: Satmoko

234
Ilustrasi - Dok CDN

YOGYAKARTA – Beberapa hari menjelang Lebaran, sejumlah petani di Kulon Progo Yogyakarta ikut menuai untung. Kenaikan harga komoditas kebutuhan pokok yang biasa terjadi menjelang Lebaran menjadi berkah tersendiri bagi mereka.

Seperti dirasakan para petani cabai di Kecamatan Lendah Kulon Progo Yogyakarta. Seminggu menjelang Lebaran, harga cabai di tingkat petani diketahui terus meningkat. Kenaikan harga jual cabai itu membawa keuntungan sendiri bagi petani.

“Jelang Lebaran harga cabai terus naik. Terakhir, untuk cabai keriting merah, di tingkat petani mencapai Rp12,5 ribu per kilo. Naik dari sebelumnya Rp10 ribu per kilo. Ini sudah mau naik lagi, Rp15 ribu per kilo,” ujar seorang petani cabai Jumini, Minggu (10/6/2018).

Jumini sendiri mengaku sengaja menanam cabai di lahan seluas 2100 meter persegi miliknya, 3 bulan sebelum Lebaran. Hal itu dilakukan agar masa panen bisa tepat menjelang Lebaran, dimana harga cabai biasanya selalu melonjak.

“Ini masa petik panen ke 5. Sekali panen bisa dapat 2,5 kuintal. Melihat kondisi tanaman yang cukup baik dan tidak terserang penyakit, kemungkinan masih bisa petik 3-4 kali lagi,” katanya.

Senada dengan Jumini, petani cabai lainnya Umi, juga mengaku mendapat keuntungan dengan kenaikan harga komoditas pokok menjelang Lebaran. Meski tak setinggi tahun lalu, ia mengaku kenaikan harga jual cabai kali ini bisa menambah penghasilan petani di waktu Lebaran.

“Ya bisa untuk beli kebutuhan jelang Lebaran. Tidak seperti tahun lalu, banyak tanaman rusak dan gagal panen,” katanya.

 

Baca Juga
Lihat juga...