Jelang Lebaran, Harga Daging Ayam di Banjarmasin, Naik

Editor: Satmoko

192

BANJARMASIN – Jelang momen Lebaran harga daging ayam di pasaran mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

Dari pantauan di salah satu pasar tradisional di Banjarmasin, yakni Pasar Lama, harga ayam ras potong sudah tembus di angka Rp31.000 per kilonya. Padahal biasanya harganya hanya Rp22.000 per kilonya.

“Naik sekali harganya sepekan terakhir jelang Lebaran kali ini. Hal itu karena dari sisi permintaan sudah cukup tinggi di masyarakat,” jelas Fatimah, salah satu pedagang ayam potong di Pasar Lama, Minggu (10/6/2018).

Bukan hanya ayam ras potong, jenis ayam potong petelur juga mengalami kenaikan. Kini harganya malah sudah dibandrol Rp60.000 per ekornya, dari sebelumnya hanya Rp45.000 per ekornya.

“Kenaikan yang cukup signifikan ini selain karena permintaannya yang besar, juga karena pasokan dari peternak yang semakin menipis. Maka kenaikan harganya menjadi jauh lebih tinggi dibanding tahun lalu,” tambahnya.

Sementara itu, Annisa Sapitri, salah satu pebisnis kuliner di Banjarmasin juga mengakui, kini harga ayam yang dibelinya dari pedagang sudah jauh lebih tinggi dibanding harga normal pada umumnya.

Bahkan ungkap Owner Ayam Geprek Jogja tersebut, selain harganya yang mahal, dari sisi stok dari para pedagang sangatlah sedikit. Hal tersebut membuatnya sering kali tidak kebagian jatah sehingga harus mencari ke pemasok lain yang letaknya lebih jauh.

“Kalau tahun kemarin memang harganya naik juga, tapi barangnya tersedia. Kalau sekarang harganya sudah naik, barangnya juga tidak tersedia. Bahkan agar bisa mendapatkan pasokan yang cukup kita harus mengambil dari pertenak yang ada di tanah laut,” keluhnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.