Jumlah Penumpang di SAMSS Balikpapan Diprediksi Naik 4 Persen

Editor: Koko Triarko

General Manager Angkasa Pura 1 Balikpapan, Handy Heryudhitiawan. –Foto: Ferry Cahyanti
BALIKPAPAN — PT Angkasa Pura I memproyeksikan pengguna angkutan transportasi udara melalui Bandara SAMSS Balikpapan, tahun ini akan naik sebesar 4 persen dari tahun lalu.
General Manager Angkasa Pura 1 Balikpapan, Handy Heryudhitiawan, menjelaskan terjadinya peningkatan penumpang mudik selama lebaran ini mulai terlihat seiring membaiknya ekonomi Kaltim.
Diproyeksikan, jumlah penumpang maskapai di Bandara SAMSS (Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan) Balikpapan, mengalami peningkatan 4 persen dibanding tahun lalu, atau berkisar di 3.571 pesawat yang menerbangkan sekitar 438 ribu penumpang.
“Kalau tahun kemarin ada 3.434 pesawat yang mengangkut 421.207 penumpang, tahun ini ada pergerakan untuk rebound, karena kita lihat pertumbuhan penumpang mulai Januari sampai Mei kemarin naik 3,71 persen,” ungkapnya, Selasa (5/6/2018).
Dengan adanya angka proyeksi peningkatan, beberapa maskapai melakukan penambahan rute penerbangan atau ekstra pada rute tujuan Jakarta, Surabaya, Ujungpandang dan Jogjakarta serta Banjarmasin.
Selain itu, Angkasa Pura 1 membuka posko lebaran yang mulai aktif pada 7 sampai 24 Juni 2018. Pembukaan posko dilakukan pada Rabu sore, 6 Juni 2018 dalam sebuah apel gabungan.
“Berbagai instansi dilibatkan, yaitu dari tim keamanan hingga pihak maskapai dan groundhandling. BMKG dan Basarnas juga kita libatkan semua, karena ini merupakan hajatan nasional,” bebernya.
Handy menambahkan, pengamanan bandara juga terus ditingkatkan dengan sistem pengamanan yang dilakukan bersama tim keamanan gabungan. “TNI dan Polri siaga di tenda-tenda posko. Tim pengamanan tertutup yang berpakaian preman juga bergerak di dalam area bandara untuk menjaga keamanan,” imbuh Handy Heryudhitiawan.
Lihat juga...