Kantong SPBU Keliling di Jalinsum Jamin Ketersediaan BBM

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

326

LAMPUNG — Selama angkutan lebaran 2018/1439 Hijriyah sejumlah stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) menyediakan kantong SPBU keliling (mobile storage). Hal tersebut untuk selama angkutan lebaran stok BBM aman.

Aceng Usman ,manager SPBU 24.355.64 atau dikenal dengan SPBU Garuda Hitam selaku SPBU dodo (dealer owned dealer operator) memastikan selama angkutan lebaran stok BBM aman.

Aceng Usman menyebut pengendara kendaraan roda dua, roda empat telah disediakan stok cukup banyak supaya tidak terjadi kekosongan. Selain bunker untuk stok, sebanyak tiga kendaraan tangki bahan bakar dengan kapasitas 24.000 liter dari depot Pertamina juga disiagakan. Selain tiga unit tangki BBM jenis premium, pertalite dan pertamax SPBU tersebut juga menyiapkan satu unit kendaraan roda dua selaku SPBU keliling mini.

“SPBU keliling selain menggunakan mobil tangki juga menyediakan kendaraan roda dua berisi drum khusus berisi pertamax untuk mengantisipasi kendaraan di sepanjang jalur mudik yang habis namun jauh dari lokasi SPBU,” terang Aceng Usman kepada Cendana News, Selasa (12/6/2018).

mobile storage BBM
Kendaraan roda empat turun dari kapal di dermaga tiga pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Sejak H-7 hingga H-3 lebaran, Aceng menyebutkan, lebih banyak pengiriman dari depot Pertamina Panjang dibandingkan kebutuhan. Total stok BBM premium, pertalite dan pertamax bahkan mencapai 72.000 liter.

Harga bahan bakar selama angkutan mudik, diakui Aceng, masih stabil. Harga premium Rp6.450 per liter, solar Rp5.150 per liter, pertamax Rp9.000 per liter, pertalite Rp7.800 per liter.

Penyiapan stok yang cukup saat angkutan lebaran juga dilakukan oleh SPBU 24.355.108 di desa Pisang kecamatan Penengahan. Silvi, salah satu operator dispenser di SPBU menyebut stok sekitar 50 kiloliter untuk semua jenis BBM.

mobile storage BBM
Kesibukan di SPBU 24.355.108 di desa Pisang kecamatan Penengahan saat arus mudik lebaran [Foto: Henk Widi]
Amannya ketersediaan stok BBM selama arus mudik lebaran juga diakui oleh Nugroho, manager SPBU 24.355.85 yang berada pertigaan Menara Siger. Nugroho memastikan pengiriman dari depot sejak H-7 rata rata sama dengan hari biasa. Sebagai SPBU tanpa menyediakan premium, ia menyebut Pertamax yang disediakan sebanyak 8 KL, Pertalite 16 KL dan solar sebanyak 8 KL.

“Pasokan dari mobile storage BBM yang terkoneksi ke sejumlah juga memasok ke SPBU tempat kami selama arus mudik ini,” beber Nugroho.

Baca Juga
Lihat juga...