hut

Kelapa Muda, Menu Khas Berbuka Puasa

Editor: Satmoko

Abdul Khalik memetik kelapa muda sebagai menu berbuka puasa di kebun miliknya/Foto : Turmuzi
LOMBOK – Selain semangka, buah kelapa muda juga menjadi salah satu menu favorit minuman berbuka puasa. Rasanya segar, jadi alasan masyarakat tetap menjadikan kelapa muda sebagai minuman berbuka. Meski buah lain juga banyak tersedia dan dijual.
Pada masyarakat pedesaan, menemukan buah kelapa muda tidaklah sulit, mengingat  sebagian masyarakat pedesaan memiliki kebun kelapa, baik yang ditanam dekat rumah maupun di ladang dan lahan perbukitan.
“Tidak heran, buah kelapa muda dengan mudah bisa didapatkan dan kerap dijadikan sebagai minuman berbuka, pelepas dahaga,” kata pemuda Desa Banyu Urip, Kabupaten Lombok Tengah, Abdul Khalik, kepada Cendana News, Minggu (10/6/2018).
Khalik mengaku, hampir setiap minggu dirinya pergi memetik buah kelapa muda miliknya untuk diolah dan dicampur es sebagai minuman berbuka puasa.
Karena lokasi kebun yang jauh, bersama tetangga, sekali pergi memetik bisa satu tandan dengan buah bisa mencapai belasan biji untuk disimpan sebagai minuman berbuka selama beberapa hari ke depan.
“Satu tandan bisa dinikmati hingga beberapa hari untuk berbuka dan tidak perlu memetik terlalu sering ke kebun,” ujarnya.
Hamdi, warga lain yang biasa memanjat dan memetik kelapa muda mengaku, dirinya selama puasa hampir setiap hari berbuka puasa dengan kelapa muda yang dicampur es.
Karena itulah, setiap hari dirinya harus pergi ke kebun miliknya atau kebun milik tetangga mengajak untuk memetik kelapa muda.
“Mungkin karena sudah kebiasaan, jadi setiap berbuka kalau tidak minum kelapa muda, rasanya ada yang kurang,” kata Hamdi.
Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!