Kemenhub Minta Terminal Arjosari Segera Diperbaiki

Editor: Koko Triarko

221
MALANG – Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan (Sekjen Kemenhub) Djoko Sasono, meminta agar Terminal Tipe A Arjosari bisa segera melakukan perbaikan, terutama yang berkaitan dengan pengaturan flow penumpang dan bus. 
“Khusus di terminal Arjosari tadi kita sudah melihat keadaannya, dan rasa-rasanya terminal ini perlu dilakukan pemolesan terkait dengan pengaturan flow, karena sekarang ini ada konflik antara bus dan calon penumpang, yang sebenarnya dalam manajemen lalu lintas harus dihindarkan,” ujarnya, usai melakukan kunjungan kerja monitoring angkutan lebaran di Terminal Arjosari, Rabu (13/6/2018).
Sekjen Kemenhub, Djoko Sasono, saat memantau Terminal Arjosari. -Foto: Agus Nurchaliq
Dikatakan Djoko, dalam kunjungan tersebut dirinya sudah sempat berdiskusi dan memberikan usulan perbaikan-perbaikan, agar nantinya para calon penumpang bisa langsung masuk ke dalam bus, karena sudah diberikan kanalisasi yang sesuai.
“Tadi juga kita sudah lakukan diskusi, dengan harapan nanti ada semacam usulan redesign, agar bisa menjadi user friendly. Sehingga orang waktu menggunakan fasiltas tersebut tidak merasa enggan,” ungkapnya.
Selain itu, Djoko juga meminta agar petugas yang melakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan (ramp check) harus secara benar, agar para penumpang tidak khawatir dan bisa tidur dengan pulas ketika naik bus.
Menurut Djoko, hal lain yang perlu diperhatikan adalah menjajaki skema kerja sama dengan pihak ketiga untuk pengembangan terminal.
“Supaya terminal ini nantinya bisa menjadi fasilitas yang baik untuk publik, saya tadi sudah meminta ke teman-teman di sini untuk menjajaki skema-skema dengan pihak ketiga, sehingga terminal bisa lebih berkembang,” ucapnya.
Misalnya, kata Djoko, bekerja sama dengan badan usaha milik negara atau milik daerah maupun badan usaha milik swasta, untuk membangun sebuah fasilitas yang bisa disewakan.
“Contoh sederhana, misalnya ada lapangan yang kosong bisa dijadikan lapangan futsal. Agar masyarakat bisa menyewa lapangannya, sehingga ada pemasukan bagi terminal. Karena lokasi terminal Arjosari yang berada di pusat kota, memungkinkan untuk itu”, tandasnya.
Sementara itu disebutkan, selain di Malang, Djoko juga akan melakukan kunjungan ke beberapa fasilitas transportasi di daerah lain, yakni Blitar, Tulungagung, Kediri, Kertosono, Jombang, Mojokerto dan kembali ke Surabaya.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.