Kementerian PUPR Tertarik Kembangkan Kota Baru di Padang

Editor: Mahadeva WS

431

PADANG – Ibu kota Provinsi Sumatera Barat Kota Padang, masuk 10 kota yang dicanangkan pemerintah pusat dalam pengembangan pemukiman kota baru. 

Tenaga Ahli Menteri Bidang Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Ir Lucky H Korah mengatakan, perlu adanya kota baru di Padang karena semakin tingginya pertumbuhan wilayah perkotaannya.

“Seperti yang terjadi di Kota Padang, sangat terlihat Kota Padang sudah mengalami kepadatan. Kondisi yang demikian dirasa perlu pembanguna di area baru,” katanya usai menggelar pertemuan dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Padang, Senin (25/6/2018).

Kementerian PUPR serius membangun pengembangan kota baru di Padang. Hal itu untuk membantu mengurangi kepadatan yang terjadi akibat pertumbuhan perkotaan. Dari 10 kota yang dicanangkan, Kota Padang masuk rencana pembangunan nasional.

Lucky menjelaskan, untuk pengembangan kota baru di Padang, masih diperlukan beberapa kajian. Sehingga, kota baru nantinya bisa berdampak manfaat kepada masyarakat. “Jadi kita akan lakukan kajian lebih mendalam untuk menjadikan Padang untuk progres pengembangan kota baru ini,” ujarnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyebut,Pemprov Sumbar mendukung, program yang dicanangkan pemerintah pusat. “Kita akan bantu pemerintah pusat dalam setiap program yang dilakukan di Sumbar. Apalagi itu berkaitan dengan pembangunan di daerah,” tegasnya.

Menurutnya, rencana membuat kota baru di Padang merupakan hal yang bagus. Hal itu mempertimbangkan pertumbuhan penduduk di Kota Padang sudah cukup pesat. “Pengembangan kota baru ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang. Jadi, kita akan menunggu konsep pengembangan kota baru ini dari pusat,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...