Khatam Quran Memungkasi Kegiatan Ramadhan di Rumah Cendana

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

1.436

JAKARTA — Setiap Ramadhan, Rumah Cendana selalu menggelar berbagai kegiatan, mulai dari buka puasa bersama, sholat Maghrib berjamah, Isya dan Taraweh serta diakhiri dengan tadarusan. Kegiatan rutin yang sudah ada sejak Pak Harto menjadi Presiden tersebut dipimpin imam dan ustad-ustad dari Masjid At-Tin itu dihadiri pengurus rumah dan jamaah dari warga sekitar.

Sementara di penghujung Ramadhan, di kediaman almarhum HM Soeharto di Cendana ditutup dengan Khatam Quran. Khusus untuk malam ke-26 Ramadhan, keluarga bahkan menggelarnya dengan syukuran tumpengan dan makan bersama.

“Khataman Al Quran dimulai dari surat Ath-Tariq sampai surat An-Nas dan ditutup dengan doa,“ kata ustad Achmad Fauzi Lubis, Imam Masjid At-Tin, TMII, di kediaman almarhum HM Soeharto Jl. Cendana No.8, Gondangdia, Menteng. Jakarta Pusat, Minggu (10/6/2018) malam.

Suasana acara Khataman Quran di Cendana. Foto: Ist
Suasana acara Khataman Quran di Cendana. Foto: Ist

Fauzi membeberkan Keluarga Cendana sudah mengkhatamkan Quran di malam yang ke-26 ini.

“Membaca Qurannya cukup ramai oleh para jamaah yang mengikuti tadarusan Quran setiap malam,” ungkapnya.

Menurut Fauzi, masing-masing dari para Imam Muadzin di Masjid At Tin mendapatkan tujuh kali kehadiran di Rumah Cendana.

“Sudah hampir sepuluh tahun kita mengikuti sholat taraweh berjamaah di kediaman almarhum Haji Muhammad Soeharto di Rumah Cendana. Mudah-mudahan silaturahimnya akan terus terjalin,“ paparnya.

Syukuran dan makan bersama setelah Khataman Quran. Foto: Ist
Syukuran dan makan bersama setelah Khataman Quran. Foto: Ist

Dalam acara Khataman Quran, Keluarga Cendana yang hadir antara lain, Siti Hardiyanti Rukmana atau Mbak Tutut, Titiek Soeharto, Mamiek Soeharto serta Sigid Hardjojudanto. Juga anak cucu Keluarga Cendana, kerabat dan beberapa tokoh seperti Ishadi SK, artis Camelia Malik dan tokoh politik Priyo Budi Santoso.

Baca Juga
Lihat juga...