Khatib: Mari Jadikan Pesta Demokrasi untuk Ajang Silaturahmi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

293

MALANG — Ribuan masyarakat Malang, Jumat pagi (15/6/2018) memadati pelataran parkir Stadion Gajayana Malang untuk melaksanakan sholat Idulfitri, 1 Syawal 1439 H. Masyarakat yang datang dari berbagai daerah di Malang, khususnya Kota Kepanjen ini sudah mulai berada di depan stadion sejak pukul 05.30 WIB.

Khotbah yang dipimpin Ustad Imam Abda’ih mengangkat tema dimensi masyarakat dan dimensi bangsa untuk menuju sebuah perubahan. Perubahan secara individu dapat berimbas terhadap kemajemukan antar masyarakat sehingga apa yang menjadi tujuan bangsa dan negara bisa tercapai.

“Baik peningkatan ibadah dan prilaku serta tindakan yang dilakukan selama Ramadan semoga senantiasa selalu dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di tengah masyarakat,” ucap Ustad Imam Abda’ih dalam khotbahnya.

Selain itu, diharapkan juga adanya perubahan dalam menyambut pesta demokrasi, dimana sebagai masyarakat haruslah menggunakan haknya dengan sebaik mungkin.

“Mari jadikan pesta demokrasi sebagai ajang untuk bersilaturahmi, bukan sebaliknya,” imbuh ketua sebuah sekolah kesehatan di Malang ini.

Sementara itu, Bupati Malang Rendra Kresna dalam sambutan mengajak masyarakat untuk menyatukan persepsi untuk memajukan daerah, bangsa dan negara. Ia juga mengajak masyarakat untuk selalu menjadikan Pancasila serta Bhineka Tunggal Ika sebagai pedoman hidup.

“Kita ini semua sama, jangan sampai ada selisih antar sesama. Oleh karena itu melalui momentum hari Fitri yang memiliki arti bersih ini bisa membersihkan dari fikiran yang buruk. Karena ibadah ini tidak hanya urusan manusia dengan tuhannya, melainkan manusia dengan manusia, karena islam sejatinya adalah agama yang rahmatanlillalamin,” pungkas Alumni HMI Cabang Malang ini.

Terakhir, Bupati Rendra juga mengecam atas aksi tindakan intoleran yang akhir-akhir ini terjadi. Ia berharap masyarakat khususnya masyarakat Kabupaten Malang bisa memerangi bersama fikiran-fikiran radikal salah satunya dengan meningkatkan silaturahmi antar masyarakat dilingkungan tempat tinggal masing-masing.

Baca Juga
Lihat juga...