hut

KPU Dumai Rampungkan Pelipatan 175.918 Surat Suara

Ilustrasi pilkada serentak - Foto Dokumentasi CDN

DUMAI – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Dumai merampungkan pelipatan 175.918 lembar surat suara pemilihan Gubernur Riau 2018. Direncanakan, 25 Juni proses distribusikan logistik ketujuh kantor pemerintah kecamatan sudah dimulai.

Divisi Logistik KPU Dumai Kurnia Ningsih mengatakan, pelipatan oleh seratusan petugas dari masyarakat sudah selesai, dan kini masih menunggu laporan dari koordinator kelompok. “Berapa jumlah pasti surat suara rusak belum dilaporkan koordinator kelompok dan umum, namun proses pelipatan sudah rampung,” kata Ningsih di Dumai, Senin (18/6/2018).

Disebutkan, surat suara sudah dilipat masih akan kemudian disortir oleh Sekretariat KPU Dumai dan petugas pemilihan kecamatan/kelurahan. Setelah dibuatkan berita acara baru disalurkan ke 515 tempat pemungutan suara.

Proses pelipatan dan sortir meminjam Gedung Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Dumai di jalan HR Subrantas. Prosesnya dengan pengawalan personel kepolisian dan panitia pengawas. “Logistik akan disalurkan ke kecamatan sebelum ke TPS, tapi setelah dilaksanakan pleno, nanti juga akan dikawal petugas berwenang,” sebutnya.

Sebelumnya, KPU Dumai telah menerima distribusi logistik Pilgub Riau berupa surat suara pada Selasa (12/6/2018) sebanyak 88 kotak. Jumlahnya sesuai data pemilih tetap ditambah 2,5 persen cadangan per TPS. Dalam pelaksanaan Pilgub Riau, KPU Dumai akan memakai kembali kotak suara pernah digunakan saat pemilu sebelumnya, dengan berbahan aluminium.

Jumlah surat suara dicetak untuk Pilgub Riau sesuai pemilih tetap sebanyak 3.622.488 jiwa, ditambah 2,5 persen per TPS sebanyak 12.048. Pemilih tersebut tersebar di 12 kabupaten dan kota di Riau, dan Dumai 171.394 pemilih. Pilgub Riau 2018 diikuti empat pasangan calon, Syamsuar-Edi Natar nomor urut 1, Lukman Edy-Hardiyanto nomor urut 2, Firdaus-Rusli Ahmad nomor urut 3, dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno nomor urut 4. (Ant)

Lihat juga...