KPU Sikka Kekurangan 100 Lembar Surat Suara Pilgub

Editor: Mahadeva WS

242

MAUMERE – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sikka kekurangan 100 lembar surat suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur NTT. Surat suara untuk pemungutan suara 27 Juni 2018 mendatang akan segera dimintakan ke pihak percetakan.

Juru bicara KPU kabupaten Sikka Fery Soge. Foto : Ebed de Rosary

Juru Bicara KPU Sikka Fery Soge menyebut, kebutuhan surat suara, baik untuk Pilkada Kabupaten Sikka maupun untuk Provinsi NTT, sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) adalah 188.464 pemilih ditambah 2,5 persen surat suara cadangan atau 4.984 lembar surat suara. Sehingga total surat suara yang dibutuhkan sebanyak 193.448 lembar surat suara.

“Setelah melakukan penyortiran maka dari 97 koli yang kami terima total surat suara yang bisa dipergunakan 193.348 lembar sedangkan yang rusak sebanyak 17 lembar surat suara. Untuk surat suara pemilihan bupati dan wakil bupati Sikka, surat suara dikirim dari percetakan PT Temprina Surabaya sebanyak 97 koli dimana setiap koli berisi 2.000 lembar surat suara, sedangkan satu dos berisi 1.448 lembar sehingga secara keseluruhan total surat suaranya sebanyak 195.448 lembar,” beber Fery, Selasa (19/6/2018).

Setelah dilakukan penyortiran, surat suara yang bisa dipergunakan sebanyak 194.124 lembar, surat suara yang rusak berjumlah 23 lembar. Kebutuhan surat suara sebanyak 193.448 lembar sehingga surat suara mengalami kelebihan sebesar 678 lembar.

Kekurangan surat suara untuk Pilgub NTT sudah dimintakan ke percetakan dan sudah datang sehingga bisa disortir dan dipergunakan. Sementara kelebihan surat suara akan dimusnahkan dengan disaksikan pihak kepolisian dan Panwaslih Kabupaten Sikka.

Ketua KPU kabupaten Sikka Vivano Bogar mengatakan, saat ini sedang dilakukan pengepakan logistik pemilu ke dalam kotak suara. Logistik tersebut kemudian akan disebarkan ke 555 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 21 kecamatan di Kabupaten Sikka.

“Saat ini kami melakukan pengepakan surat suara dan dokumen lainnya ke dalam kotak suara agar bisa didistribusikan ke kecamatan. Kami prioritaskan kecamatan yang berada di pulau seperti Palue, Pemana, Sukun, Kojagete dan Parumaan serta daerah yang jauh dan sulit dijangkau kendaraan,” jelasnya.

Vivano berharap pendistribusian logistik ke semua desa dan TPS bisa berlangsung dengan aman dan lancar dan tidak mengalami gangguan. Yang menjad perhatian adalah, persoalan cuaca yang bisa menghambat pendistribusian ke sejumlah pulau tersebut. KPU Sikka akan melakukan distribusi logistik dengan dikawal aparat Polres Sikka.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.