Kroasia Kalahkan Islandia 2-1

267

JAKARTA — Tim nasional Islandia gagal lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 setelah ditaklukkan Kroasia dengan skor 2-1 dalam pertandingan lanjutan Grup D Piala Dunia 2018 di Stadion Rostov Arena, Rusia, Rabu dini hari (27/6/2018).

Hasil itu membuat Islandia hanya meraih satu poin di Grup D. Mereka tak mampu lolos ke 16 besar karena di pertandingan lain Grup D, Argentina sukses menaklukkan Nigeria 2-1, yang membuat Argentina duduk di posisi kedua grup dan menemani Kroasia ke babak selanjutnya.

Dipantau dari laman FIFA di Jakarta, gol Islandia di laga versus Kroasia dicetak Gylfi Sigurdsson di menit ke-76. Adapun gol Kroasia ditorehkan Milan Badelj di menit ke-53 dan Ivan Perisic di menit ke-90.

Pelatih Kroasia Heimir Hallgrimson menurunkan para pemain lapis kedua sejak menit pertama seperti Mateo Kovacic dan Milan Badelj.

Tak ada nama-nama layaknya Mandzukic, Marcelo Brozovic dan Ivan Rakitic sebab Kroasia sudah dipastikan menjadi juara Grup D Piala Dunia 2018.

Sementara Islandia, tampil dengan kekuatan penuh dan menempatkan pemain andalannya Gylfi Sigurdsson di atas lapangan.

Hasilnya, permainan berlangsung imbang dan kedua tim tanpa peluang mencetak gol sampai menit ke-16. Namun di menit-ke-27, Islandia hampir saja membuat gol jika saja lesakan dari Hordur Magnusson melesat ke gawang Islandia.

Islandia belum berhenti di sana. Empat menit setelahnya, sepakan bebas Gylfi Sigurdsson menemui sasaran tetapi berhasil diselamatkan oleh penjaga gawang Kroasia Lovre Kalinic.

Aron Gunnarsson sempat membuat Kalinic kerepotan di penghujung babak pertama, tetapi tak ada yang berubah. Skor tetap 0-0 hingga turun minum.

Di babak kedua, justru Kroasia membuka keunggulan menjadi 1-0 di menit ke-53 setelah Milan Badelj membuat gol dengan tendangan dari dalam kotak penalti.

Islandia yang beberapa kali mendapatkan kesempatan meraih gol akhirnya sukses menyamakan kedudukan di menit ke-76 melalui tendangan penalti Gylfi Sigurdsson.

Skor imbang 1-1 tak bertahan lama karena tak sampai 15 menit setelahnya, Kroasia berbalik unggul 2-1 berkat gol Ivan Perisic, yang memanfaatkan umpan Milan Badelj.

Tak ada lagi gol tambahan setelahnya dan kedudukan 2-1 untuk kemenangan Kroasia bertahan sampai pertandingan usai.

Berikut susunan pemain kedua tim. Islandia: Hannes Halldorsson, Birkir Saevarsson (90′, A. Traustason), Sverrir Ingason, Ragnar Sigurdsson (70′, Bjoern Sigurdarson), Johann Gudmundsson, Biikir Bjarason, Gylfi Sigurdsson, Alfred Finnbogason (85′, A. Gudmundsson), Aron Gunnarsson (kapten), Hordur Magnusson, Emil Hallfredsson.

Sedangkan timnas Kroasia terdiri Lovre Kalinic, Ivan Perisic, Vedran Corluka, Mateo Kovacic (81′, Ivan Rakitic), Andrej Kramaric, Luka Modric (kapten, 65′ Filip Baradaric), Tin Jedvaj, Duje Caleta Car, Milan Badelj, Marko Pjaca (70′, Dejan Lovren). (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.