banner lebaran

KSP Kopdit Pintu Air Terima Dokumen Persyaratan Kerja Kemenakertrans

Editor: Koko Triarko

206
MAUMERE – Komitmen Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Koperasi Kredit (Kopdit) Pintua Air untuk memberikan jaminan perlindungan bagi karyawannya, mendapat apresiasi dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) Republik Indonesia.
“KSP Kopdit Pintu Air memberikan jaminan kesehatan dan jaminan tenaga kerja bagi karyawannya. Kesejahteraan para karyawan selalu menjadi perhatian, sebab pimpinan kami selalu menekankan agar karyawan harus dihargai dan diberikan upah yang layak serta jaminan tenaga kerja,” ujar Agustinus Nong, Sekertaris Serikat Pekerja Pintu Air, Rabu (13/6/2018).
Bila karyawan sejahtera, lanjut Agus Nong, sapaannya, maka mereka akan bekerja dengan sungguh-sungguh guna memajukan perusahaan yang menjadi milik segenap anggota ini.
Asas koperasi kekeluargaan dan gotong-royong harus dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, agar koperasi besar dan karyawannya pun harus sejahtera dan dihargai dengan layak dan pantas.
Direktur Direktorat Persyaratan Kerja, Kemenakertrans RI, S. Junaedah, AR., MM., memberikan apresiasi kepada KSP Kopdit Pintu Air yang merupakan satu-satunya KSP yang peduli dengan jaminan kerja untuk karyawannya.
Dalam praktiknya, koperasi ini selalu mengurus persyaratan kerja sesuai undang-undang ketenagakerjaan.
Junaedah mengakui, secara umum di Indonesia hanya KSP Kopdit Pintu Air yang sudah mampu mengurus dokumen dimaksud. Karena itu,  S. Junaedah mengharapkan, KSP Kopdit Pintu Air dengan meluasnya perkembangan cabang, dan status menjadi koperasi  primer nasional, maka perlindungan ketenagakerjaan bagi karyawan Kopdit Pintu Air harus diperhatikan lebih baik.
Sementara itu, Kepala Seksi PPPKB (Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama), Rey Zurfryanza,  menegaskan, setiap lembaga apa pun yang memperkerjakan orang, wajib hukumnya adalah mengurus persyaratan kerja sesuai amanat Undang-Undang Ketenagakerjaan Nomor 13 Tahun 2003.
Khusus KSP Kopdit Pintu  Air, Rey Zurfaryanza memberikan apresiasi karena merupakan  satu-satunya koperasi di provinsi NTT yang sangat menghargai perlindungan kerja bagi karyawannya.
“Saya berharap, koperasi Pintu Air menjadi contoh bagi koperasi primer lainnya di NTT. Ini sebuah prestasi yang baik, penghargaan dan perlindungan bagi para tenaga kerja selalu dikedepankan,” ungkapnya.
Kementerian Ketenagakerjaan RI melalui Direktorat Persyaratan Tenaga Kerja, Ditjen Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, menyerahkan Dokumen Persyaratan Kerja bagi KSP Kopdit Pintu Air Maumere.
Dokumen yang telah disahkan pada 20 Mei 2018 tersebut, diterima oleh Wakil Pengurus KSP Kopdit Pintu air, Fulgensius Siswanto Toda dan Sekertaris Serikat Pekerja Pintu Air, Agustinus Nong, didampingi Penasehat Hukum KSP Kopdit Pintu Air, Viktor Nekur, SH.
Dokumen ini diserahkan oleh kepala seksi PPPKB (Peraturan Perusahaan dan Perjanjian Kerja Bersama), Rey Zufriyanza, pada Jumat (8/6/2018) siang. Acara penyerahan ini terlaksana di Direktorat Persyaratan Kerja Kementerian Tenaga Kerja RI di Jalan Jendral Gatot Subroto N0 51 lantai 8, Jakarta Selatan.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.