KY Serahkan Nama CHA ke DPR, Besok

Editor: Koko Triarko

281
Juru Bicara KY Farid Wajdi. -Foto: M Hajoran
JAKARTA — Komisi Yudisial (KY) akan menyerahkan sejumlah nama calon hakim agung (CHA) kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk mengikuti tahap fit and proper test (uji kelayakan dan kepatutan).
Untuk selanjutnya, DPR akan memilih dari nama-nama CHA yang diserahkan KY, setelah mengikuti sejumlah tahapan test yang diselenggarakan oleh Komisi Yudisial.
“Besok (pukul 10.00 WIB) KY akan menyerahkan nama CHA ke DPR lewat pimpinan DPR,” kata Juru Bicara KY, Farid Wajdi di Gedung KY, Jakarta, Senin (4/6/2018).
Namun, Farid enggan membeberkan siapa saja CHA yang lolos untuk mengikuti fit and proper test oleh DPR, dengan alasan tidak boleh dipublikasikan. “Nanti dalam pertemuan itu akan diumumkan nama-nama yang berhak ikut fit and proper test. Saat ini, KY belum bisa menyebutkan siapa saja yang lolos ke DPR,” sebutnya.
Saat ditanya, apakah ada kemungkinan dari delapan calon hakim agung  yang mengikuti wawancara terbuka di KY beberapa waktu lalu, diserahkan semuanya? Lagi-lagi, Farid enggan menjawab.
“Nah, itu yang akan kita tunggu besok di DPR, saya sendiri belum bisa pastikan siapa saja nama-nama calon hakim agung yang lolos ke DPR,” kilahnya.
Sebelumnya, KY dan Panel telah menyelenggarakan wawancara terbuka untuk delapan CHA untuk menggali wawancara, integritas dan ilmu pengetahuan hukum dari para calon hakim agung.
Ada pun calon delapan hakim agung yang mengikuti wawancara terbuka adalah Abdul Manaf, Cholidul Azhar, dan Imron Rosyadi dari Kamar Agama, Pri Pambudi Teguh dan Yulman dari Kamar Perdata, Bambang Krisnawan dan Syamsul Bahri dari Kamar Pidana, dan Tama Ulinta Br. Tarigan dari Kamar Militer.
Baca Juga
Lihat juga...