hut

Lebaran Kedua, Pelabuhan Pangkalbalam Sepi Aktivitas

Ilustrasi - Dok CDN

PANGKALPINANG  – Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, pada hari kedua Lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah masih sepi aktivitas.

Pantauan di kawasan Pelabuhan Pangkalbalam Pangkalpinang, Sabtu, hanya ada beberapa kapal yang sandar di dermaga dan belum ada aktivitas bongkar muat.

Selain itu, arus lalu lintas di pintu masuk dan di dalam kawasan pelabuhan tersebut juga lengang tidak seperti hari-hari biasanya.

Kepala Sub Seksi Lalu Lintas Angkutan Laut Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Pangkalbalam, Ferdiansyah mengatakan arus balik di pelabuhan daerah itu mulai berlangsung kembali pada Minggu (17/6).

“Besok sore rencananya ada satu kapal cepat Ekspres Bahari 3E dengan tujuan Tanjung Pandan Belitung akan berangkat melalui Pelabuhan Pangkalbalam,” katanya.

Sedangkan untuk kapal Roro dengan tujuan Tanjung Priok Jakarta pada satu hari menjelang Lebaran belum beroperasi karena penumpang dan muatan kendaraan masih sepi.

“Kapal roro belum jalan, penumpang kendaraan masih sepi karena libur panjang Lebaran, diperkirakan kapal Roro dengan tujuan Jakarta akan beroperasi kembali pada empat hari setelah Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah atau H+4, namun saat ini sudah ada satu kapal Roro yang siap berangkat,” katanya.

Berdasarkan informasi yang diterima dari buruh dan pergudangan, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Pangkalbalam akan mulai kembali normal pada Senin mendatang.

“Paling cepat Senin, aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Barang Pangkalpinang akan kembali normal,” katanya. (Ant)

Lihat juga...