Lebaran Kedua, TMII Dipadati Pengunjung

Editor: Satmoko Budi Santoso

341

JAKARTA – Pengunjung dari berbagai wilayah memadati kawasan wisata Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada hari Lebaran kedua, Sabtu (16/6/2018).

Arus padat merayap terlihat saat memasuki gerbang utama, puluhan kendaraan roda empat dan roda dua mengantri mendapatkan tiket masuk area TMII.

Di dalam area, arus padat terlihat hingga ke arah gedung pengelola TMII. Bahkan puluhan mobil terparkir di seberang gedung Perpustakaan TMII. Area parkir selatan dan timur pun padat kendaraan.

Terlihat juga puluhan pengunjung memenuhi area Plaza Tugu Api Pancasila TMII. Sebagian dari pengunjung tersebut ada yang menggelar tikar atau terpal di tepi tugu di bawah rindangnya pohon. Di tengah-tengah dekat tugu, pengunjung tampak berselfie, dan anak-anak kecil berlarian.

Salah satu pengunjung, Tris Susanto, warga Solo mengaku, dirinya berlebaran di rumah orang tuanya di Cilandak, Jakarta Selatan. TMII menurutnya, menjadi wahana rekreasi favorit sejak kecil hingga dewasa dan berumah tangga.

Namun, setelah ditugaskan kantor ke Solo, dirinya mengaku jarang berkunjung ke TMII. Paling setahun sekali di saat Lebaran saja.

“TMII wahana rekreasi favorit saya dan keluarga, bisa tahu sejarah kalau jalan-jalan ke sini. Hingga pindah tugas ke Solo pun, saya sempatkan setahun sekali pas Lebaran main ke TMII,” kata Tris kepada Cendana News, Sabtu (16/6/2018).

Sementara Sadim, warga Mekarsari mengatakan, kalau Lebaran biasanya ke Ragunan. Tapi, Lebaran tahun ini, dirinya mengajak anak dan istrinya jalan-jalan ke TMII.

“Saya sudah keliling TMII, ke anjungan dan museum juga naik kereta gantung. Ya anak-anak senang,” ujarnya.

Ketua Umum Panitia Pekan Lebaran 2018 TMII, Diono. Foto : Sri Sugiarti.

Ketua Umum Panitia Pekan Lebaran 2018 TMII, Diono mengatakan, peningkatan pengunjung terus terjadi sejak pagi pintu dibuka pukul 06.00 WIB.

“Jumlah pengunjung tercatat pada pukul 15.00 WIB, di TMII ada 62.989 orang, bus umum sebanyak 48, mobil pribadi 4.974, dan sepeda motor sebanyak 7.568. Ini akan terus meningkat,” kata Diono kepada Cendana News.

Dia mengatakan, meskipun pengunjung padat, tetapi tidak terjadi kemacetan yang parah, masih bisa dikendalikan. Hal ini karena pihak TMII telah menyusun zona-zona atau kantong parkir di beberapa titik.

Puluhan kendaraan terparkir di seberang gedung Perpustakaan TMII pada libur Lebaran kedua, Sabtu (16/6/2018). Foto : Sri Sugiarti.

“Kami juga berkoordinasi dengan petugas di lapangan untuk mencegah kemacetan di dalam area TMII. Ini demi kenyamanan pengunjung,” ujarnya.

Pada hari ketiga Lebaran, Minggu (17/6/2018), disampaikan dia, TMII akan menampilkan hiburan musik Congdut You Wish Band dengan bintang tamu “Sony Joss”. Dan, tanggal 22 Juni 2018, hiburan lagu-lagu campursari Podhomoro.

Baca Juga
Lihat juga...