Lebaran, Tukang Potong Rambut Panen

229
Ilustrasi. Dokumentasi CDN

BANJARMASIN – Tukang potong rambut di Banjarmasin dan daerah sekitar Kalimantan Selatan (Kalsel) panen pelanggan. Warga masyarakat, khususnya kaum Muslim banyak mengantre untuk memotong rambut sejak H-2 hingga H-1 lebaran 2018.

Antrean banyak terlihat, terutama di tukang potong yang tidak mematok tarif tinggi. Pengantre juga terlihat di beberapa tempat potong yang cukup bergensi di daerah tersebut. Seperti juga yang terlihat di tempat potong rambut Adi di Jalan Permurus Kecamatan Kertak Hanyar Kabupaten Banjar, Kalsel yang masih bertentangga dengan Kota Banjarmasin.

Laki-laki berusia tiga puluhan tahun menyebut, sejak H-2 sampai H-1 lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah, rata-rata mencukur rambut 50 orang per hari. Hal tersebut bisa diraih dengan bekerja mulai pukul 08.30 – 17.00 Wita. Ongkos memotong rambut di Tukang Potong Rambut Adi hanya Rp10.000 untuk satu orang dewasa. Sementara untuk anak-anak tarifnya Rp5.000 perorang.

Adi yang sejak bertahun-tahun lalu berprofesi sebagai pemotong rambut menyebut, sewtiap menjelang lebaran banyak orang yang inhgin merapikan rambut. “Memang merapikan atau membersihkan rambut juga tuntunan agama. Terlebih saat lebaran orang yang rapi dan bersih itu terlihat lebih anggun,” ujar Adi yang pernah tinggal di Matapura.  (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...