Legislator: P4 Zaman Orba Metode Terbaik Tanamkan Pancasila

Editor: Koko Triarko

259
Ketua DPRD Balikpapan, Abdulloh. –Foto: Ferry Cahyanti
BALIKPAPAN – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Balikpapan, Abdulloh, menilai metode yang digunakan Orde Baru merupakan cara terbaik memasyarakatkan Pancasila. Hal ini diungkapkan di sela peringatan Hari Lahir Pancasila, Jumat (1/6/2018).   
“Kalau saya bilang, metode Orde Baru masih paling bagus. Mengapa demikian? Karena ada Penataran P4 (Pedoman Penghayatan dan Pengamalan Pancasila),” kata politikus Golkar, ini.
Dia menambahkan, dengan sosialisasi melalui P4, seluruh masyarakat dapat memahami Pancasila dengan baik. “Bagaimana kita mau mengamalkan, kalau sila-silanya saja tidak hafal. Dulu, teks Pancasila dan sila-silanya bisa hafal. Lihat sekarang, belum tentu hafal sila dan butir Pancasila,” ucapnya, Jumat (1/6/2018).
Dia menambahkan, jika Pancasila ditanamkan sejak dini, bangsa Indonesia akan mampu mengimplementasikannya. Menurut Abdulloh, penting bagi Indonesia menanamkan ideologi bangsa ini dari hal-hal yang sederhana. Seperti memasang lambang Garuda, atau bendera merah putih.
“Dulu lambang Garuda Pancasila tiap rumah ada,” jelas dia.
Menurut Abdulloh, dangkalnya pemahaman, dan perkembangan informasi yang semakin cepat menyebabkan masyarakat semakin acuh. “Kita sepakat, Pancasila sebagai motivasi untuk melihat ke belakang sejarah, dan tetap eksis menjaga NKRI, menjaga persatuan dan kesatuan secara utuh bersama pemerintah dan masyarakat,” pungkasnya.
Baca Juga
Lihat juga...