Marco Koordinator Tim Gubernur Bidang Pengelola Pesisir

Editor: Mahadeva WS

266
Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang pengelolaan pesisir Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Marco Kusumawijaya – Foto Lina Fitria

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan resmi menunjuk Pengamat Perkotaan Marco Kusumawijaya sebagai Ketua Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) bidang pengelolaan pesisir.

Tim Gubernur Bidang Pengelolaan Pesisir ini sudah aktif bekerja, karena surat keputusan pembentukan tim sudah terbit pada awal Juni lalu. “Kita dipanggil oleh Pak Gubernur pada 7 Juni, tapi kebetulan pada waktu itu saya lagi di luar kota, jadi hanya sebagian yang bertemu. Dan Pak Gubernur minta segera bekerja. Lalu, minggu lalu kami terima SK. Jadi praktis tanggal 7 kami mulai (kerja) sebetulnya,” kata Marco di Balai Kota Jakarta, Selasa (26/6/2018).

Dia mengatakan, tugas tim TGUPP untuk memberikan saran sebelum penetapan kebijakan. Tugas tim tersebut, berkaitan dengan janji politik Anies dan Sandiaga Uno pada pilkada lalu. “Pesisir Jakarta itu kan hampir 40 kilometer. Sekian pulau reklamasi, ada 110 pulau yang lain dan ini kaitannya semua dengan janji politik,” ujar Marco.

Mengenai kelanjutan reklamasi, Marco enggan menjelaskan lebih banyak. Menurutnya yang berhak menjawab hanya Anies. Dia menyebut, Dirinya tidak bisa lagi banyak berkomentar dan kritis seperti saat dulu menjadi aktivis. “Kami tidak bisa sampikan apapun yang belum diputuskan oleh gubernur, jadi percuma. Tanya gubernur saja. Kalau gubernur bilang tanya TGUPP baru tanya saya. Kami tidak ingin membuat heboh,” tandasnya.

Tim Gubernur nantinya akan memberi saran kepada Anies terkait masalah pesisir dan Kepulauan Seribu terkecuali Kota Tua. Daerah yang berbatasan dengan laut itu termasuk Kepulauan Seribu. “Pesisir itu artinya semua kecamatan yang berbatasan dengan laut kecuali Kota Tua,” paparnya.

Tim akan memberikan saran tertentu di bidang tersebut, kemudian juga memantau dan melaporkan kebijakan yang berlangsung di lapangan. Saat ini, tim sedang menyusun kerangka kerja.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, perencanaan pembentukan TGUPP bidang pengelolaan pesisir sudah direncanakan sejak awal. “Memang dari awal kita sudah merencanakan untuk memiliki satu tim kerja Gubernur untuk penataan kawasan utara,” ujar Anies.

Tujuan pembentukan tim tersebut, untuk menyusun dan memberikan masukan kepada Gubernur dan jajaran untuk menyusun kebijakan. TGUPP terdiri dari lima orang yaitu pengamat perkotaan Marco Kusumawijaya, eks Dirjen Kelautan KKP Sudirman Saad, eks Direktur Eksekutif Walhi Khalid Muhammad, eks ICLEI Irvan Pulungan dan pakar kelautan ITB Muslim Muin.

Baca Juga
Lihat juga...