Mendekati Lebaran, Toko Busana Muslim Diserbu Calon Pembeli

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

223

MATARAM — Beberapa hari jelang lebaran, aktivitas warga berbelanja sejumlah toko yang menjual kebutuhan pakaian merayakan lebaran mulai ramai. Tidak hanya di pusat perbelanjaan moderen, tapi juga sejumlah pasar tradisional di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Dari sekian banyak jenis pakaian dijual, baju koko, kopiah dan jilbab termasuk paling diburu warga untuk dibeli sebagai kebutuhan merayakan lebaran termasuk pakaian lain seperti gamis.

“Kalau lebaran begini, baju koko, kopiah dan jilbab termasuk cukup laku dibandingkan pakaian lain, apalagi dua atau satu hari jelang lebaran,” kata Fatma salah satu pedagang pakaian pasar tradisional Cakranegara Mataram, Rabu (13/6/2018).

Ia mengatakan, banyaknya warga yang mencari baju Koko, kopiah dan jilbab memang sudah menjadi pemandangan biasa di pasar tradisional jelang lebaran, mungkin karena ingin memakai pakaian serba baru.

pakaian muslim
Fatma penjual aneka pakaian, gamis dan jilbab di pasar tradisional Cakranegara Kota Mataram tengah melayani pembeli. Foto : Turmuzi

Memang hampir menjadi tradisi tahunan masyarakat, berburu pakaian lebaran, tidak heran toko-toko pakaian, pusat perbelanjaan termasuk pasar tradisional selalu ramai kunjungan oleh pembeli.

“Selain baju koko, kopiah dan jilbab, gamis dan baju juga termasuk pakaian cukup laris dibeli jelang lebaran, terutama dari kalangan remaja dan anak muda,” katanya.

Marzuhad, remaja asal Kota Mataram mengaku sengaja datang berbelanja ke pasar tradisional Cakranegara untuk membeli baju koko, sebagai baju melaksanakan hari raya idul fitri.

“Mau beli baju koko, untuk baju merayakan ibadah idul fitri nanti, karena baju koko lama sudah lusuh, makanya mau beli yang baru,” kata Marzuhad.

Berburu baju lebaran memang hampir menjadi tradisi tahunan masyarakat, tidak saja di NTB, tapi juga hampir di seluruh Indonesia, sebagai baju merayakan lebaran bersama keluarga.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.