Mengenal Lab Taman Buah Mekarsari

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

310

CIBUBUR — Mengembangkan serta meneliti tanaman agar memperoleh varietas tanaman baru menjadi salah satu bagian di dalam Lab Biosari, pusat penelitian dan pengembangan tanaman di Taman Buah Mekarsari.

Di lab tersebut terdapat juga terdapat laboratorium kultur jaringan tanaman, greenhouse, kebun penelitian tanaman induk dan tanaman hasil pemuliaan.

Markom Taman Buah Mekarsari, Firman Setiawan menjelaskan, di dalam lokasi Lab. Biosari inilah tim peneliti Mekarsari bekerja untuk pengembangan.

Laboratorium yang dibangun di atas lahan seluas 5 ha, dibuat dan disediakan sebagai sarana penelitian, pengembangan tanaman serta edukasi.

Dijelaskan juga, laboratorium untuk edukasi menginfokan mengenai teknik kultur jaringan tanaman dapat dikunjungi oleh sekolah-sekolah dari tingkat dasar sampai perguruan tinggi.

Firman Setiawan, Markom Mekarsari. Foto: Tommy Abdullah

“Siswa dapat melihat langsung dan praktek mengenai teknik kultur jaringan,” katanya kepada Cendana News, Selasa (26/6/2018).

Selain melayani paket edukasi, lab juga mengembangkan bentuk kerja sama untuk memperbanyak tanaman secara kultur jaringan dengan berbagai pihak. Antara lain instansi, lembaga penelitian, pendidikan, perusahaan swasta/BUMN, maupun perorangan.

“Bentuk kerja sama yang dilakukan dapat berupa perbanyakan produk jadi maupun produk yang masih dalam tahap riset,” tuturnya.

Produk tahap riset berupa pengerjaan eksplan steril (fase inisiasi), fase perbanyakan ataupun pasca aklimatisasi.

Sedangkan untuk produk jadi yang ditawarkan adalah dalam bentuk souvenir cantik untuk acara keluarga ataupun pernikahan.

Lihat juga...

Isi komentar yuk