Mudik Lancar, Dirlantas Polda Bali Sidak Posko

Editor: Satmoko

222

JEMBRANA – Untuk memastikan arus mudik Lebaran 2018 berjalan dengan lancar, Direktur Lalulintas Polda Bali melakukan pengecekan ke Posko Terpadu Lebaran 2018 di Pelabuhan Gilimanuk, Minggu (10/6/2018).

Selain melakukan pengecekan terhadap Posko Terpadu juga menyempatkan diri untuk memantau antrean kendaraan di Pelabuhan Gilimanuk di H-5 Idul Fitri 1439 H.

Dari hasil pemantauan, mulai terjadi peningkatan jumlah kendaraan yang akan menyeberang keluar Pulau Bali, dan didominasi oleh kendaraan roda dua. Selain kendaraan roda dua juga dipadati mobil, termasuk bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), angkutan travel dan truk yang kembali setelah bongkar muatan di Bali. Antrean tampak di depan loket tiket di pintu masuk pelabuhan.

Kendati antrean sepeda motor belum tampak mengular lantaran telah diantisipasi dengan mengaktifkan tiga loket tiket, namun antrean mobil sudah meluber meski dilayani empat loket tiket. Namun ekor antrean mobil yang akan masuk pelabuhan sudah sampai di terminal parkir manuver Pelabuhan Gilimanuk.

Dirlantas Polda Bali Kombes Pol Anak Agung Made Sudana (menunjuk) saat melakukan pemantauan Posko Terpadu Lebaran 2018 di pelabuhan Gilimanuk, Minggu (10/6/2018).-Foto: Sultan Anshori.

“Saya hari ini melakukan pengecekan ke Posko di Gilimanuk Jembrana, dari pantauan sementara belum terjadi peningkatan kendaraan yang digunakan oleh para pemudik,” ucap Kombes Pol Anak Agung Made Sudana.

Untuk itu, pihaknya mengerahkan ratusan personil untuk disiagakan membantu pemudik saat ingin menyeberang melalui Pelabuhan Gilimanuk. Jika terjadi kepadatan, lanjut Agung, pihaknya akan melakukan rekayasa lalulintas menuju pintu masuk pelabuhan.

Selain itu,  lalulintas yang dilalui pemudik juga terpantau lancar. Tidak terlihat kemacetan di ruas jalan baik yang akan maupun dari Pelabuhan Gilimanuk-Denpasar. Hanya saja terjadi sedikit perlambatan di ruas jalan di daerah Tabanan karena faktor tanjakan akibat beban kendaraan.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk senantiasa berhati-hati saat mengendarai. Masyarakat juga diminta mematuhi peraturan lalulintas yang ada.

“Sementara belum ada laporan terkait kecelakaan lalulintas di jalur mudik. Semoga semunya berjalan lancar dan pemudik sampai ke kampung halaman dengan selamat,” pangkas mantan Kapolresta Denpasar ini.

Selain dari petugas kepolisian, ratusan personil dari BPDB juga dikerahkan. Untuk BPDB Kabupaten Jembrana sendiri, setidaknya menyiagakan 40 personil yang ditempatkan di tiga pos terpadu di antaranya Posko Pelabuhan Gilimanuk, Posko Hutan Segara Rupa di Hutan Cekik dan Posko Banyubiru.

Sejumlah aparat yang tergabung dalam Posko Terpadu Lebaran 2018. Foto Sultan Anshori

Kepala BPDB Kabupaten Jembrana, Ketut Eko Susila AP, menjelaskan, di setiap posko juga disiapkan tiga personil dan satu petugas medis serta supir ambulan.

“Dalam masing-masing pos, kami juga siagakan petugas medis dan mobil ambulan serta supirnya. Dan khusus untuk posko di Hutan Segara Rupa di Hutan Cekik, kami menyiapkan armada Evaluasi dan Logistik (Evalog) seperti genset,” ucap Ketut Eko Susilo.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.