MUI Apresiasi Program TV Sejalan Roh Ramadan

Editor: Koko Triarko

260
JAKARTA – Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) dan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), memberikan Anugerah Syiar Ramadan 2018 sebagai bentuk apresiasi bagi lembaga penyiaran yang menayangkan program-program yang mengedepankan nilai keagamaan selama Ramadan 2018.
Ketua Umum MUI, KH Ma’ruf Amin, mengatakan, kerja sama ini memberikan apreasi kepada berbagai program televisi yang isinya sejalan dengan roh dan pesan Ramadan, sehingga memandu umat untuk makin menghayati hakekat Ramadan.
“MUI terus mendukung kreativitas insan televisi untuk makin mengarusutamakan konten Ramadan yang baik. Tontotan yang sekaligus menjadi tuntutan dan terus mengurangi program yang berlabel Ramadan, tapi isinya merusak nilai-nilai dan spirit Ramadan,” kata Ma’ruf, dalam sambutannya pada Anugerah Syiar Ramadan 2018 di Gedung Perpustakaan Nasional, Jakarta, Kamis (28/6/2018).
Ma’ruf berharap, semangat memproduksi program yang sehat dan edukatif juga digencarkan di luar Ramadan. Sehingga dunia televisi semakin maksimal untuk membentuk karakter dan ahlak masyarakat yang positif.
Karena, menurut Rais Aam PBNU ini, Islam itu intinya pembangunan akhlak. Bahkan, dalam firmannya Rasulullah, bersabda: “Aku diutus Allah SWT hanya seakan-akan untuk menyempurnakan budi pekerti dan membangun akhlak yang mulia”.
“Rasulullah SAW diutus Allah SWT untuk memuliakan akhlak manusia. Dengan kemulian ahlak itulah karakter bangsa ini dibangun,” tegasnya.
Selain membangun akhlak, tambah dia, juga pendekatan dan penegakkan hukum. Keduanya saling berkaitan. Bila masih banyak orang yang berhubungan dengan hukum, berarti pembangunan akhlaknya belum berhasil.
MUI berharap, pembangunan akhlak bangsa ini menjadi perintis dalam penegakkan hukum bagi kehidupan masyarakat.
Dalam program Ramadan, tambah dia, MUI juga menyakini masyarakat semakin tercerahkan hingga banyak yang menonton dan mendukung program positif yang ditayangkan.
MUI bersama KPI dan Kemenpora mengapresiasi program positif televisi mendapat rating dan dishare yang tinggi. MUI juga mendorong dunia usaha dan iklan  turut bersama mendukung program televisi yang sehat.
Anugerah Syiar Ramadan 2018 ini, apreasi kepada kaum muda. Seperti dai muda, host muda religi, penyanyi religi, aktor muda ispirasi religi, dan sebagainya.
“Semoga mereka istiqomah dan makin kreatif dalam berkarya yang produktif memberi pencerahan bagi masyarakat,” pungkas Ma’ruf.
Baca Juga
Lihat juga...