Nasi Kepal Udang, Sajian Lebaran Kampung Nelayan

Editor: Satmoko Budi Santoso

342

LAMPUNG – Suasana Lebaran Idul Fitri masih terlihat di perkampungan nelayan pesisir timur Lampung Selatan. Sebagian kampung nelayan dengan dominan warga Bugis asal Makassar terlihat masih kental merayakan suasana hari raya Idul Fitri.

Makanan laut menjadi sajian khas makanan untuk sajian Lebaran saat kumpul keluarga warga Dusun Keramat, Pegantungan, Muara Piluk hingga Sumur Induk.

Manohara (40) salah satu warga keturunan Bugis yang menetap di kampung nelayan Muara Piluk menyebut, dominasi lauk ikan menjadi ciri khas saat Lebaran. Menu nasi kepal udang sambal mangga mentah salah satunya dibuat untuk disajikan bagi para kerabat.

Sajian tersebut merupakan salah satu varian kuliner di antara beragam kuliner khas Bugis seperti lawa bale, buras serta lemang. Nasi kepal udang sambal mangga kerap disantap saat kondisi panas.

“Nasi kepal sambal mangga saya buat untuk pelengkap sajian hari raya dengan ciri khas kesegaran saat disantap di tepi pantai bersama menu lain berbahan hasil laut,” terang Manohara, salah satu warga kampung nelayan di Muara Piluk Bakauheni saat ditemui Cendana News, baru-baru ini.

Proses pembuatan sambal mangga mentah untuk pelengkap udang goreng [Foto: Henk Widi]
Manohara menyebut, udang yang digunakan merupakan jenis udang vaname putih sebanyak 1 kilogram dan bisa digoreng saat akan disajikan. Setelah udang dibersihkan pada bagian kepala, udang digoreng hingga matang dan ditiriskan.

Udang vaname putih dibuat menjadi dua varian bumbu di antaranya saus tiram manis dan sambal udang mangga mentah.

Pembuatan sambal mangga mentah cukup sederhana mempergunakan bahan-bahan segar. Bahan-bahan tersebut di antaranya 10 butir cabai rawit, setengah sendok teh garam, setengah sendok gula pasir serta satu buah mangga jenis kerikil.

Mangga kerikil disebut Manohara dipergunakan karena memiliki rasa asam yang khas, kerap dipergunakan dalam pembuatan berbagai kuliner khas Bugis.

“Semua bahan dihaluskan mempergunakan alat ulekan hingga tercampur sempurna, parutan mangga ditaburkan pada sambal yang sudah dihaluskan,” beber Manohara.

Setelah sambal mangga mentah selesai dibuat, Manohara menyebut, pelengkap lain yang disajikan di antaranya lalapan selada, mentimun serta daun kemangi. Udang vaname putih disajikan dalam piring khusus dilengkapi dengan sambal mangga mentah. Selain sajian sambal mangga mentah, nasi kepal juga dibuat dengan bahan-bahan berasal dari hasil laut sebagai pelengkap.

Nasi kepal, menurut Manohara, dibuat sebagai pengganti buras dan lemang yang kerap disajikan saat Idul Fitri oleh warga Bugis. Salah satu isian nasi kepal yang kerap dipergunakan biasanya terdiri dari ikan tuna yang sudah ditumis, juga ikan tenggiri.

Kedua jenis ikan tersebut dihaluskan dengan mentega dan mayonaise hingga merata. Nasi dengan jenis beras padi pandan wangi dicampur menggunakan bumbu garam secukupnya.

“Isian ikan yang sudah dihaluskan dimasukkan dalam nasi dengan cara dikepal mempergunakan plastik,” papar Manohara.

Nasi kepal yang dibuat diakui Manohara kerap disajikan dengan daun pisang dan penambah cita rasa gurih bisa ditambahkan udang rebon atau wijen. Nasi kepal yang sudah jadi disajikan dalam piring dan siap disantap bersama dengan udang sambal mangga mentah khas Bugis.

Warsito salah satu penyuka kuliner olahan hasil laut menyantap ikan bakar sambal mangga [Foto: Henk Widi]
Boby, salah satu warga yang menyantap kuliner nasi kepal udang sambal mangga menyebut, menu boga bahari (sea food) sangat disukainya. Suasana Lebaran Idul Fitri disebutnya kerap identik dengan menu kuliner opor ayam dan ketupat.

Namun dengan ciri khas Bugis sajian nasi kepal sambal mangga dirinya bisa menikmati menu yang berbeda. Nasi kepal gurih yang disantap dengan udang terasa segar dicampur dengan sambal mangga mentah.

Hal yang sama juga diakui oleh Warsito, penyuka menu makanan laut segar. Lokasi yang dekat dengan pantai membuat ia bisa menikmati sajian khas laut dalam suasana Lebaran.

Berbagai jenis ikan segar yang telah disiapkan selain udang juga berbagai jenis ikan segar di antaranya kerapu, simba, kuniran yang diolah menjadi pindang serta ikan bakar.

Baca Juga
Lihat juga...