Nelayan di Bengkulu Selatan Akan Dapat Bantuan Perahu

223
Ilustrasi -Dok: CDN
BENGKULU SELATAN – Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan, Novianto, mengemukakan, nelayan di daerahnya akan segera mendapatkan bantuan perahu berbahan fiber dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).
“Tahun ini ada dua daerah di Provinsi Bengkulu yang mendapatkan bantuan perahu, yaitu Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Selatan. Total bantuan perahu ada 18 unit,” ujar Novianto, di Manna, belum lama ini.
Dia mengungkapkan, bantuan itu otomatis akan menambah jumlah armada perahu di daerahnya yang saat ini hanya 145 unit. Sementara, populasi nelayan mencapai 1.867 orang.
Berdasarkan data Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, potensi ikan di laut Kabupaten Bengkulu Selatan mencapai 14 ribu ton per tahun, tetapi jumlah produksinya hanya 1.575 ton pada 2017, lalu.
“Bantuan perahu dari Kementerian Kelautan dan Perikanan tersebut diharapkan dapat meningkatkan produksi perikanan tangkap di daerah ini”, harap Novianto.
Selain hibah armada perahu, nelayan Kabupaten Bengkulu Selatan juga akan mendapatkan bantuan alat tangkap berupa 50 unit jaring, dua unit mesin tempel dan satu unit mobil pendingin.
Bantuan pemerintah pusat itu akan diserahkan kepada kelompok koperasi nelayan.
“Itu bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat nelayan, serta mengoptimalkan sumber daya perikanan tangkap,” jelas Novianto. (Ant)
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.