OPD Pemkab Klungkung Bangun Tiga Rumah Warga dari Uang ‘Celengan’

217
Ilustrasi -Dok: CDN
SEMARAPURA – Pemerintah Kabupaten Klungkung, Bali, membangun tiga unit rumah untuk masyarakat kurang mampu yang dananya bersumber dari uang ‘celengan’ yang dikumpulkan oleh masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) setempat.
“Dana yang terkumpul pada peringatan Hari Puputan Klungkung ke-110 dan Hari Ulang tahun (HUT) ke-26 Kota Semarapura sebesar Rp87 juta, seluruhnya untuk membangun tiga unit rumah,” kata Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Klungkung, Ida Bagus Anom Adnyana, Jumat (15/6/2018).
Ia mengatakan, ketiga unit rumah yang sedang dibangun itu antara lain untuk I Ketut Munduh (67), dan seorang lainnya masyarakat Dusun Kutapang Kauh, Desa Batununggul, Kecamatan Nusa Penida, sebuah pulau yang terpisah dengan daratan Bali.
Satu unit rumah lainnya bagi I Ketut Mardika, asal Desa Tegak, Kecamatan Klungkung, yang sehari-hari bekerja sebagai petani dan tenaga serabutan.
Ida Bagus Anom Adnyana, menambahkan, bantuan bedah rumah hasil pengumpulan ‘celengan’ dari seluruh OPD, secara resmi telah diserahkan oleh Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Klungkung I Wayan Sugiada, sebagai bentuk kepedulian terhadap warga kurang mampu.
Ia mengharapkan, bantuan bedah rumah tersebut dapat bermanfaat dan digunakan dengan baik oleh para penerima. Salah satu bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat kurang mampu yang dananya bersumber dari uang ‘celengan’ yang dikumpulkan dari masing-masing OPD atas gagasan dan inisiatif para pegawai.
Para pengawai di lingkungan Pemkab Klungkung secara iklas menyisihkan sebagian kecil pendapatan atau rezekinya untuk dapat berbagi kepada sesama. Sekitar satu bulan, uang ‘celengan’ yang dikumpulkan di masing-masing OPD selanjutnya dipecahkan bersama-sama saat puncak peringatan Hari Puputan Klungkung ke-110 dan HUT Kota Semarapura ke-26 di lapangan Puputan Klungkung, 28 April lalu.
Dari semua celengan yang dipecahkan terkumpul dana sebesar Rp87 juta. “Kami ingin mengetuk hati para pegawai untuk dapat menyisihkan sedikit pendapatannya, untuk berbagi terhadap warga kurang mampu. Paling tidak mereka terbantu dengan hasil celengan yang sudah dikumpulkan ini”, ujarnya.
Kepala Dusun Kutapang Kauh, Sujana, meyampaikan terima kasih kepada seluruh jajaran OPD Pemkab Klungkung, atas bantuan yang diberikan kepada salah seorang warganya.
Menurut Sujana, selama ini warganya, I Ketut Munduh bersama istri-Made Resin, bekerja sebagai petani, menempati sebuah gubuk tua. Pasangan suami-istri itu memiliki lima orang anak. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...