Optimalkan Pelayanan, Padangbai Bali Lakukan Perbaikan Jalur Pelabuhan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

202

KARANGASEM — PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Pelabuhan Padangbai Karangasem, terus melakukan persiapan dalam rangka memberikan pelayanan optimal selama mudik lebaran tahun 2018. Kesiapan tersebut salah satunya dengan perbaikan aspal di jalur pintu masuk satu, dua dan toll gate serta pintu keluar.

Manager Usaha PT. ASDP Indonesia Ferry Padangbai, I Wayan Rosta mengatakan, perbaikan tersebut karena kondisi aspal di jalur tersebut sudah rusak seperti berlubang dan retak. Selain itu, faktor lain adalah memang sudah waktunya jalur tersebut di aspal ulang mengingat sejak 1996 belum pernah diperbaiki.

“Kami lakukan perbaikan menyeluruh dengan pengaspalan hotmix. Secara prinsip kami sudah siap untuk melayani pemudik yang melalui pelabuhab Padangbai tahun ini,” ucap I Wayan Rosta saat dihubungi kemarin (7/6/2018).

Perbaikan Jalan
Manager Usaha PT. ASDP Indonesia Ferry Padangbai I Wayan Rosta.-Foto: Sultan Anshori

Perbaikan tersebut dimulai sejak pukul 10.00 Wita dan baru selesai pengerjaannya pada pukul 19.00 Wita. Akibat perbaikan aspal tersebut, sejumlah kendaraan roda empat yang ingin menyeberang terpaksa harus terparkir di luar pelabuhan.

Rosta menambahkan, dari Data Kepadatan Angkutan Lebaran Tahun 2018 (1439 H) tertanggal 6 juni 2018 atau H-9 lebaran, belum terlihat kepadatan penumpang, baik pejalan kaki, roda dua dan roda empat.

Dari data yang dikeluarkan oleh pihak pelabuhan Padangbai tercatat sebanyak 140 penumpang pejalan kaki, 504 unit kendaraan roda dua, 504 unit kendaraan kecil, 504 unit kendaraan Bus, dan 466 unit truk.

“Total penumpang menyeberang yang melalui Pelabuhan Padangbai 2018 baik pejalan kaki maupun dalam kendaraan di H-9 tercatat sebanyak 2.436 orang. Kalau melihat tren data pemudik tahun ini cenderung mengalami penurunan sebesar delapan persen dengan periode yang sama di tahun lalu yang mana tercatat 2.655 orang pemudik,” tegas Wayan Rosta.

Meski mengalami penurunan penumpang, Trip penyebrangan tahun ini cenderung mengalami kenaikan sebanyak 20 persen dengan perhitungan pada 2017 sebanyak 22 Trip, sementara di 2018 tercatat sebanyak 27 trip.

Seperti yang diketahui sebelumnya, pelayanan angkutan lebaran tahun 2018 pelabuhan Padangbai Karangasem, Bali menyiapkan 31 kapal untuk rute pelabuhan Padang Bai pelabuhan Lembar.

Lihat juga...

Isi komentar yuk