Panwaslu Balikpapan Petakan Daerah Rawan Politik Uang

Editor: Satmoko Budi Santoso

240
Ketua Panwaslu Balikpapan, Ahmadi Aziz - Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Gubernur Kaltim 2018 tak lama lagi akan berlangsung. Panitia Pengawas Pemilihan Umum juga telah melakukan pemetaan pada TPS yang rawan pelanggaran pemilu.

Panwaslu juga menggencarkan patroli pengawasan yang efektif dilakukan hingga Rabu dini hari pada 27 Juni atau detik-detik masa pencoblosan.

Ketua Panwaslu Balikpapan, Ahmadi Aziz, mengungkapkan, jelang pencoblosan pilgub Kaltim panwas mengintensifkan pengawasan hingga detik-detik pencoblosan guna mencegah terjadinya politik uang dan kerawanan lainnya.

“Panwas sudah memetakan TPS yang rawan pelanggaran pemilu. Untuk tingkat kerawanan paling tinggi ada di Balikpapan Selatan dan Utara,” jelasnya pada konferensi pers, Minggu (24/6/2018).

Terkait dengan praktik politik uang, dikatakannya, terdapat 4 kecamatan yang rawan. Hal tersebut di antaranya Balikpapan Selatan, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat dan Tengah.

“Fokus kita pada daerah yang rawan,  Panwascam maupun PPL patroli di TPS rawan yang ada di setiap kelurahan. Patroli dilakukan selama 24 jam,” tandas Ahmadi Aziz.

Lanjut Ahmadi, data TPS yang berkategori rawan juga akan diserahkan ke pihak kepolisian. “Belum kami berikan karena akan disusun nama-nama TPS dan alamatnya,” imbuhnya.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengingatkan kepada penyelenggara pemilu agar formulir C6 atau undangan pencoblosan sudah diserahkan ke warga pemilih paling lambat 3 hari sebelum hari pemilihan. “Kami sudah ingatkan ke penyelenggara pemilu agar segera diberikan C6-nya. Jangan ditunda-tunda,” tegas Ahmadi Aziz.

Sementara di kawasan perumahan Taman Bukit Sari RT 25 Kelurahan Graha Indah undangan pencoblosan sudah dibagikan ke warga. “Baru saja, saya dapat undangan pencoblosan, dan diberitahu saat pencoblosan membawa undangan serta KTP elektronik,” kata Tyo, salah seorang warga Kelurahan Graha Indah.

Dia menambahkan, saat dibagikan juga diberitahukan lokasi TPS dan pukul berapa waktu pencoblosannya. “Saat ini penyelenggara sudah sangat siap dalam pilkada dan informasi yang disampaikan juga jelas,” tambahnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.