Pasangan Appi-Cicu Dikalahkan Kolom Kosong

Ilustrasi pilkada serentak - Foto Dokumentasi CDN

MAKASSAR – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar Munafri Arifuddin-Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) dikalahkan kolom kosong. Hal tersebut terjadi di TPS 03 SD Mangkura 1, Kelurahan Sarewigading, Kecamatan Ujungpandang, Makassar di tempat Calon Walikota Makassar Munafri Arifuddin mempergunakan hak pilihnya.

Berdasarkan hasil penghitungan suara di TPS tersebut, pasangan ini kalah dengan perolehan 43 suara untuk Appi-Cicu dan kolom kosong 91 suara. Jumlah suara sah 134 dan lima suara tidak sah dengan total kertas suara 139 buah.

Ketua KPPS TPS 03 Nataniel Mayor Andala mengatakan, dari penghitungan suara diketahui, banyak pemilih mencoblos kolom kosong. Sementara jumlah suara yang masuk atau partisipasi masyarakat pada TPS 03 mencapai lebih 50 persen yakni 139 pemilih dari 236 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Di tempat terpisah, hasil penghitungan cepat lembaga survei Celebes Research Center (CRC) hingga pukul 19. 30 WITA, dari 85 persen data yang masuk dengan partisipasi pemilih 59 persen, pasangan Appi-Cicu memperoleh suara 46,61 persen sementara kolom kosong sebesar 53,39 persen. Dengan demikian, hasil hitung cepat tersebut memenangkan kolom kosong.

Dikonfirmasi terpisah, Munafri melalui telepon genggamnya telah mengetahui hasil penghitungan dirinya kalah di TPS tempat dia mencoblos. Munafri menyebut, Dirinya heran saat mendatangi TPS pada Rabu (27/6/2018) pagi, jumlah pemilih yang datang hanya beberapa orang. “Tadi waktu saya mencoblos masih sunyi, tapi banyak pegawai-pegawai saya liat,” katanya.

Kendati demikian, menanggapi hasil penghitungan lembaga survei yang memenangkan kolom kosong, Munafri memilih menunggu hasil real count atau penghitungan resmi KPU. “Kami masih menunggu real count secara resmi dan kami sementara menghitung. Kami punya tabulasi sendiri untuk menghitung seperti apa yang benar. Kita tunggu keputusan KPI secara resmi, ” katanya.

Sementara dari posko pemenangan Appi-Cicu di jalan Andi Pangeran Pettarani, massa pendukung Appi-Cicu melaksanakan selebrasi kemenangan. Mereka mengklaim, hasil penghitungan internalnya perolehan suara mencapai 52,14 persen, dan kolom kosong 47,86 persen. (Ant)

Lihat juga...