Pasar Australia Dibuka Hati-Hati di Tengah KTT Trump-Kim

150

SYDNEY — Pasar saham Australia dibuka datar pada Selasa, naik tipis karena investor tampak berhati-hati di tengah KTT antara Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin tertinggi Republik Demokratik Rakyat Korea Kim Jong Un di Singapura.

Pada pukul 10.35 waktu setempat, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 1,90 poin atau 0,03 persen menjadi diperdagangkan di 6.047,10 poin, sementara indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 2,30 poin atau 0,03 persen menjadi diperdagangkan di 6.159,10 poin.

Dengan sinyal yang bertentangan dari KTT G7 akhir pekan diabaikan dalam perdagangan semalam (Senin), kepala analis pasar CMC Markets, Michael McCarthy mengatakan tidak mungkin “teater politik” KTT Singapura akan memiliki dampak ekonomi besar di pasar.

“Namun, kedua pemimpin dapat mengejutkan konstituen mereka sendiri dan dunia,” katanya.

Meskipun volume perdagangan diperkirakan akan lemah minggu ini dengan sejumlah peristiwa-peristiwa risiko ekonomi akan berakhir, pada saat ini “dolar Australia yang lebih rendah dapat memberikan dorongan,” kata McCarthy.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia melihat hasil yang beragam dengan Commonwealth Bank turun 0,74 persen, Westpac Bank naik 0,25 persen, National Australia Bank naik 0,15 persen dan ANZ tidak berubah.

Saham-saham pertambangan melemah dengan BHP turun 0,62 persen, Rio Tinto turun 1,40 persen, Fortescue Metals turun 0,85 persen dan Newcrest Mining turun 1,42 persen.

Saham-saham produsen minyak dan gas melompat, dengan Woodside Petroleum naik 0,72 persen, Santos naik 1,02 persen dan Oil Search naik 1,07 persen.

Jaringan supermarket terbesar di Australia terangkat, dengan Wesfarmers naik 1,10 persen dan Woolworths naik 0,50 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra menguat 0,18 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas meningkat 0,93 persen dan perusahaan biomedis CSL naik 0,39 persen.[ant]

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.