Pastikan Keamanan, Polres Lamsel Pantau Sejumlah Lokasi Wisata

Editor: Mahadeva WS

274

LAMPUNG –  Memastikan kondisi keamanan sejumlah objek wisata di Lampung Selatan, Polres Lampung Selatan melakukan patroli keliling selama libur lebaran. Kasat Sabhara Polres Lampung Selatan Iptu Demak Sianipar menyebut, patroli ke objek wisata dibagi dalam tiga tim.

Tim pertama dikerahkan di sejumlah objek wisata yang berada di perbatasan kota Bandarlampung dan Lamsel. Tim kedua patroli di wilayah pesisir Rajabasa dan Kalianda dan tim ketiga disiagakan di pesisir Pantai Bakauheni. Pemantauan objek wisata dilakukan dalam rangkaian operasi Ketupat Krakatau 2018 (1439 H).

Patroli keamanan di sejumlah wilayah di Lamsel dilakukan sejak operasi Ketupat Krakatau digelar. Saat arus mudik mulai berlangsung pada H-8 (7/6/2018), personil Sat Sabhara Polres Lampung Selatan disiagakan di sejumlah posko mudik. Pengamanan dilakukan di sepanjang jalur mudik dari Jawa ke Pulau Sumatera.

Pada saat arus balik, fokus pengamanan dilakukan di sejumlah titik pos pengamanan sepanjang Jalinsum dan Jalintim untuk keamanan perjalanan pemudik dari Sumatera ke Jawa. Sementara, sebelum arus balik, pengamanan di fokuskan pada aktivitas wisata warga di sejumlah objek wisata pantai, dan objek wisata lainnya.

“Pengamanan sejumlah objek wisata kita lakukan dengan mengerahkan sebanyak lima personil di sejumlah titik karena hingga lebaran hari keempat objek wisata di Lamsel masih ramai dikunjungi,” terang Iptu Demak Sianipar saat dikonfirmasi Cendana News di objek wisata Pantai Belebug, Senin (18/6/2018).

Patroli keamanan dan ketertiban objek wisata dilakukan di objek wisata Pantai Minangruah, Pantai Belebug, Menara Siger dan sejumlah objek wisata di Lamsel. Patroli ke objek wisata bahari fokus pengamanan untuk membantu pengunjung terhindar dari insiden seperti kecelakaan.

Sejumlah ban pelampung disiapkan untuk wisatawan di pantai Belebug [Foto: Henk Widi]
Kepada sejumlah pengelola objek wisata diminta untuk menyediakan alat keselamatan. Pengelola tempat wisata diimbau menyediakan fasilitas keselamatan seperti life jacket, ring buoy, pelampung, perahu dan petugas keselamatan pantai yang mahir berenang. Di sejumlah tempat wisata juga diimbau agar selalu berkoordinasi dengan petugas kepolisian, kantor SAR dan pihak terkait.

Hingga lebaran hari keempat, Senin (18/6/2018), ada laporan kejadian ada di dua lokasi wisata di Lamsel. Pada Minggu (17/6/2018) dilaporkan seorang warga bernama Muamar (22) asal desa Way Muli kecamatan Rajabasa dilaporkan hilang dan hingga kini belum ditemukan. Warga tersebut hilang di pemandian air panas yang ada Desa Kecapi Kecamatan Kalianda.

Keluarga korban bersama tim rescue sudah melakukan proses pencarian. Laporan orang hilang juga terjadi pada seorang korban asal Desa Sukamarga di pantai Merak Belantung. Korban laki laki dengan perkiraan umur 19 tahun dan juga belum diketemukan.

Salah satu anggota Pokdarwis Ragom Helau, pengelola objek wisata Pantai Belebug, Hendrik menyebut, alat keselamatan di objek wisata tersebut cukup memadai. Beberapa alat keselamatan yang disediakan diantaranya life jacket, pelampung, ring buoy dan penjaga pantai. Hendrik bahkan terus mengimbau wisatawan agar mengawasi anak anak saat berenang.

Mengantisipasi insiden laut di Pantai Belebug, sudah disiagakan 30 pelampung ban dan belasan life jacket. Petugas pengamanan pantai yang terlatih dan mahir berenang disiagakan saat libur lebaran. Sejumlah petugas penjaga pantai sudah mendapat pelatihan dari kantor SAR Lampung.

Baca Juga
Lihat juga...