PDAM Singkawang Ajukan JDU

206
Pipa PDAM, ilustrasi - Dok: CDN
PONTIANAK – Direktur PDAM Gunung Poteng Singkawang, Kristina Killin, mengusulkan pembangunan jaringan distribusi utama (JDU) ke pusat, karena saat ini jumlah pelanggannya sudah mencapai 13.000 SR.
“Sementara debit air bersih untuk mengatasi pelanggan masih tersisa 45 persen,” kata Kristina, di Pontianak, Rabu (20/6/2018).
Artinya, kata dia, 45 persen ini masih bisa melayani belasan ribu pelanggan baru. “Jadi, masih bisa melayani 10.000-12.000 pelanggan baru,” ujarnya.
Sayangnya, untuk melayani pendistribusian air bersih ke masyarakat, pihaknya masih terganjal dengan jaringan distribusi utama (JDU). Pasalnya, IPA 50 liter/detik belum bisa difungsikan, karena belum ada JDU-nya.
“Saat ini, kita masih memfungsikan IPA 1 dan 2 untuk melayani kebutuhan masyarakat,” jelasnya.
Jika disetujui, maka pemasangan JDU bisa dilakukan secepatnya, yakni pada 2019, sehingga pihaknya bisa melayani pendistribusian air bersih sepenuhnya ke masyarakat.
Sebelumnya, pengajuan JDU sudah pihaknya sampaikan pada Kementerian PU. “Jadi kita tunggu saja tindaklanjut dari pusat mengenai pemasangan JDU,” ungkapnya.
Mengingat ada beberapa kecamatan yang belum bisa dilayani, dikarenakan belum tersedianya JDU ini. “Untuk Singkawang Selatan baru dua kelurahan yang bisa kita layani, sedangkan Singkawang timur baru tiga kelurahan. Sementara yang lainnya belum bisa, karena jaringan kita belum sampai ke sana,” katanya. (Ant)
Baca Juga
Lihat juga...