Pemkab Rote Ndao Tambah Kuota BPJS Kesehatan

Editor: Koko Triarko

BAA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao, berkomitmen menambah kuota peserta BPJS Kesehatan menuju Cakupan Semesta (Universal Health Coverage) Program JKN-KIS 2019, agar masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan, di mana dana kepsertaannya dibayarkan oleh Pemkab Rote Ndao.
“Pemerintah Kabupaten Rote Ndao berkomitmen dalam pembangunan kesehatan masyarakat, dengan penambahan kuota peserta Jamkesda sebanyak 5.000 jiwa, serta integrasi Tenaga Kontrak Daerah (TKD) sebanyak 1.800 jiwa di  2018,” kata Drs. Jonas M. Selly, MM., Sekretaris Daerah Kabupaten Rote Ndao, Jumat (29/6/2018).
BPJS Kesehatan Cabang Kupang bersama Pemerintah Kabupaten Rote Ndao, kata Jonas, kembali melaksanakan kegiatan Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan tingkat Kabupaten, Selasa (26/6/2018), di ruang kerja Sekretaris Daerah kabupaten Rote Ndao, yang dihadiri oleh 16 peserta.
“Saat ini, Pemerintah Kabupaten Rote Ndao tengah menyiapkan data menuju Cakupan Semesta. Satuan kerja terkait, baik dinas sosial, BKPP, dinas kesehatan dan  kependudukan dan catatan sipil, agar saling bersinergi dalam menyiapkan data yang berkualitas,” ungkapnya.
Data tersebut, lanjut Jonas, hendaknya dapat dipertanggungjawabkan dalam rapat atau sidang pembahasan anggaran dan paripurna dengan DPRD Rote Ndao.
Terkait anggaran, dana akan dialokasikan dalam APBD-P 2018, dan bila tidak ada kendala, maka akan dimulai pembahasannya pada  Agustus nanti.
Kepala BPJS Kesehatan cabang Kupang, dr. Fauzi Lukman Nurdiansyah, MM., mengatakan, Program JKN-KIS yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan merupakan salah satu dari sembilan agenda prioritas utama Nawacita Presiden Joko Widodo – Jusuf Kalla, pada poin prioritas kelima, yakni meningkatkan kualitas hidup manusia melalui Indonesia Pintar, Indonesia Sehat, Indonesia Kerja, dan Indonesia Sejahtera.
Hal ini, terang Fauzi, dipertegas lagi dengan dikeluarkannya Instruksi Presiden Nomor 8 Tahun 2017, tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Kesehatan Nasional. Karena itu, peran serta dan dukungan pemerintah daerah sangat penting dalam menyukseskan program JKN-KIS ini.
“Kami juga berterima kasih kepada Pemkab Rote Ndao, yang telah berkontribusi secara maksimal, dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya, melalui integrasi Jamkesda ke Program JKN-KIS. Besar harapan kami, agar 2019 nanti Pemerintah kabupaten Rote Ndao sudah memasukan seluruh masyarakatnya dalam  program JKN-KIS”, tuturnya.
Lihat juga...