Pemprov DKI Akan Bantu Korban Kebakaran di Johar Baru

Editor: Koko Triarko

234
JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI, akan memberikan bantuan kepada seluruh korban kebakaran di Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru, Jakarta Pusat, berupa sandang dan pangan. Selain itu, juga akan membantu pengurusan surat-surat berharga yang ikut terbakar. 
“Kami akan bantu semuanya. Kami pastikan, bahwa semua korban, pelayanan dasar terpenuhi termasuk dari semua catatan kependudukan sampai kebutuhan dasar untuk mereka bisa menjalankan hidup,” kata Gubernur DKI, Anies Baswedan, saat ditemui di Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (27/6/2018).
Kebakaran yang melanda di Tanah Tinggi, Johar Baru, diduga adanya kebocoran selang kompor gas, sehingga mengeluarkan api. Api diduga berasal dari salah satu rumah warga di RT 002, RW 002 yang tengah memasak.
“Jadi, itu diduga disebabkan oleh kebocoran selang kompor gas di rumah warga,” ujar Adi Nugroho, dari Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, kemarin.
Warga pun telah berusaha memadamkan api, namun tidak berhasil dan menyebabkan api merembet ke rumah tinggal sekitar tempat kejadian perkara. Berdasarkan data Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat, kejadian kebakaran pertama kali dilaporkan warga kepada 112 pukul 13.25 WIB.
Petugas pemadam kebakaran Jakarta Pusat langsung mengerahkan 26 unit mobil pemadam. Awalnya, petugas mengalami kesulitan untuk memadamkan api, karena jalan masuk ke lokasi yang terlalu sempit dan sumber air terlalu jauh. Akhirnya, petugas berhasil memadamkan api sekitar pukul 17.00 WIB.
Kebakaran tersebut menghanguskan 53 unit rumah warga, yaitu 30 rumah di RT 02, RW 02, 6 rumah di RT 03, RW 02, 12 rumah di RT 01, RW 02, dan 5 rumah di RT 11, RW 01, Kelurahan Tanah Tinggi, Johar Baru.
Tiga orang terluka akibat kebakaran ini, yaitu dua warga dan satu orang petugas kebakaran. Tiga orang tersebut telah mendapatkan perawatan dari petugas medis pemadam kebakaran.
Kemudian, Dinas Sosial DKI Jakarta membangun posko, dapur umum, serta menyalurkan bantuan kepada warga Johar Baru yang terdampak kebakaran. Ada 600 kotak makanan siap saji yang disediakan setiap hari.
Bantuan sosial yang telah disalurkan meliputi beras 150 kilogram, mie instan 15 karton dan lauk pauk 144 paket.
Kebutuhan lainnya turut disalurkan, seperti selimut 100 lembar, terpal 55 lembar, kebutuhan anak 32 paket dan kebutuhan lansia 18 paket.
Baca Juga
Lihat juga...