Pemudik Bisa Gunakan JKN-KIS di Luar Daerah

Editor: Koko Triarko

225
Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, M Fakhriza, saat memberikan keterangan pers kepada awak media – Foto: Arief Rahman
BANJARMASIN – BPJS Kesehatan cabang Banjarmasin, memastikan masyarakat yang memiliki kartu peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang akan melakukan mudik lebaran tetap bisa menikmati layanan kesehatan di luar daerah.
Menurut Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banjarmasin, Muhammad Fakhriza, bila peserta JKN-KIS yang menjalani mudik membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, dapat memperoleh pelayanan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut.
“Sesuai peraturan perundang-undangan dan yang selama ini sudah bejalan, peserta yang berada di luar kota dan tidak menetap dalam jangka waktu lama dapat mengakses pelayanan kesehatan di FKTP, meski tidak terdaftar di sana. Dalam hal ini faskes tidak diperkenankan menarik biaya tambahan,” ujarnya, Rabu (6/6/2018).
Fakhriza menerangkan, kewajiban melayani peserta luar wilayah saat libur lebaran juga berlaku untuk FKTP nonPuskesmas (Klinik Pratama dan Dokter Praktik Perorangan) yang membuka praktik pelayanan kesehatan. Jika tidak ada FKTP yang membuka pelayanan, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit untuk pelayanan medis dasar.
“Pada keadaan kegawatdaruratan, seluruh faskes, baik tingkat pertama maupun lanjutan, wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS. Selama peserta mengikuti prosedur, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis yang jelas berdasarkan hasil pemeriksaan dokter, maka akan dijamin dan dilayani,” tegasnya.
Karena itu, Fakhriza mengimbau kepada peserta JKN-KIS yang mudik lebaran, agar selalu membawa kartu JKN-KIS. Sehingga, peserta JKN-KIS yang mudik dapat berobat di luar wilayah, tanpa harus melapor ke kantor cabang BPJS Kesehatan setempat.
“Penting diketahui, bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIS dengan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan sudah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar statusnya aktif,” tambahnya.
Untuk menunjang kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan yang diperlukan, BPJS meluncurkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang bisa diunduh di Play Store.
Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, faskes mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab BPJS Kesehatan hingga lokasi-lokasi penting serta media sosial BPJS Kesehatan.
“Selama libur nanti, masyarakat tetap dapat menghubungi BPJS Kesehatan Care Center , yang beroperasi 24 jam, termasuk hari Minggu dan libur,” pungkasnya.
Baca Juga
Lihat juga...