Pemudik Mulai Berdatangan di Pelabuhan Laurens Say Maumere

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

240

MAUMERE — Ribuan pemudik asal Sulawesi, Jawa dan Kalimantan mulai tiba di kota Maumere menggunakan kapal Pelni KM. Bukit Siguntang sejak Minggu (10/6/2017). Hal serupa juga berlaku bagi pemudik asal Sulawesi, Jawa dan Kalimantan yang akan kembali ke kampung halamannya pun sudah mulai membeli tiket di kantor Pelni.

“Untuk kemarin dari Makasar menggunakan KM. Bukit Siguntang dan turun di pelabuhan Laurens Say Maumere sebanyak 1.605 penumpang sementara yang berangkat ke Kupang dan Leweoleba sebanyak 215 orang. Sisanya sebanyak 1.292 orang penumpang lanjutan tujuan Lewoleba maupun Kupang,” sebut Syafran, kepala kantor Pelni cabang Maumere, Senin (11/6/2018).

Dikatakan Syafran, 700 penumpang yang hendak ke Makasar, Pare-Pare dan Balikpapan akan berangkat nanti malam, Senin (11/6/2018) jam 20.00 WITA menggunakan kapal Km. Bukit Siguntang pun sudah membeli tiket. Kapal tersebut memiliki kapasitas 5.326 orang sehingga masih memungkinkan untuk mengangkut penumpang.

“Untuk tiket hingga saat ini masih tersedia dan petugas kami tetap melayani hingga malam hari sebelum keberangkatan agar para pemudik dari luar kabupaten Sikka dapat membeli tiket di loket Pelni,” ungkapnya.

Selain KM. Bukit Siguntang lanjut Syafran, nanti malam jam 22.00 WITA juga akan ada kapal KM.Sirimau yang akan berangkat dari Maumere dengan tujuan Bau-Bau, Ambon, Sorong hingga Nabire. Kebanyakan penumpang yang mudik ke Bau-Bau Sulawesi dan tiket yang sudah terjual sekitar 400 lembar.

“Untuk arus mudik lebaran biasanya paling banyak penumpang dari Maumere dan beberapa kabupaten lainnya di Flores seperti Ende dan Flores Timur akan berangkat menuju Sulawesi dan Jawa. Ada juga penumpang yang hendak melanjutkan kuliah dan bekerja,” terangnya.

Pemudik
Kepala kantor Pelni cabang Maumere Syafran. Foto : Ebed de Rosary

Selain itu tambah Syafran, KM. Bukit Siguntang akan tiba kembali di Maumere tanggal 13 Juni dan berangkat tanggal 15 Juni. Sementara KM. Umsini dari Jakarta akan tiba di Maumere tanggal 16 Juni dan berangkat kembali ke Surabaya dan Jakarta tanggal 19 Juni.

“Kapal Umsini yang sebelumnya sedang mengalami perbaikan mesin sudah mulai beroperasi sehingga pemudik yang datang dari Jawa dan hendak ke Jawa dapat menggunakan kapal ini. Saat ini tiket untuk tujuan Surabaya dan Jakarta sudah mulai banyak dibeli,” terangnya.

Syarifah salah seroang pemudik tujuan Makasar yang ditemui saat membeli tiket di kantor Pelni Maumere menjelaskan, dirinya bersama suami akan mudik ke Bone Sulawesi nanti malam dan turun di pelabuhan Ujung Pandang. Kemudian melanjutkan perjalanan ke kampung halaman menggunakan bus.

“Saya sudah tiga tahun berjualan di kota Maumere dan setiap lebaran biasanya pulang ke kampung halaman. Kami liburan selama sebulan di kampung halaman dan akan kembali ke Maumere bulan Juli nanti,” sebutnya.

Menggunakan kapal laut kata Syarifah biayanya lebih murah dan dapat membawa banyak barang, apalagi dirinya akan mudik bersama suami dan dua anak. Untuk tiket dibeli seharga 188 ribu rupiah untuk dewasa sementara anak-anak seharga 144 ribu rupiah per orang.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.