Pengguna Moda Transportasi Laut-Udara di Balikpapan, Meningkat

256
BALIKPAPAN – Arus balik penumpang pengguna transportasi laut melalui Pelabuhan Semayang dan transportasi udara melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan Balikpapan, tahun ini mengalami kenaikan signifikan.
Berdasarkan data yang tercatat di posko terpadu, ada 45.145 penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Semayang yang diberangkatkan pada H+4 Lebaran. Jumlah tersebut mengalami peningkatan bila dibandingkan pada 2017 lalu yang mencapai 41.210 penumpang.
“Penumpang yang sekarang ada di terminal Pelabuhan Semayang ini sebenarnya baru akan berangkat besok, tapi mereka sudah datang ke pelabuhan. Alasan mereka menunggu, karena berasal dari luar Balikpapan,” ucap GM Pelindo IV Balikpapan, Baharuddin, saat mendampingi sidak Komisi I DPRD Balikpapan ke Pelabuhan Semayang, Kamis (21/6/2018).
Kendati mereka harus menginap di pelabuhan dan tidur di terminal, pihaknya mengatakan tetap melayani dengan fasilitas yang ada di pelabuhan. Karena fasilitas yang ada sudah mampu mengakomodir jumlah penumpang sebanyak 3.000 lebih, baik itu di lantai I dan II.
“Bagaimana pun juga, mereka ini saudara-saudara kita yang harus dilayani sebaik mungkin. Lantai dua juga telah kita siapkan, tapi kalau mereka mau di lantai dasar, ya tidak bisa kita paksakan naik,” imbuhnya.
Saat sidak berlangsung, Ketua Komisi 1 DPRD Balikpapan, Faisal Tola mengungkapkan fasilitas yang disediakan seperti toilet untuk aktivitas Mandi Cuci Kakus atau MCK sudah sangat baik. Bahkan, tidak ada pemungutan biaya untuk pemakaian fasilitas tersebut.
“Terminal penumpang juga sudah lebih baik karena mampu menampung jumlah penumpang yang sangat besar, tempatnya juga sudah nyaman,” terang Faisal Tola.
Sementara itu, di Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, puncak arus balik diprediksi terjadi pada H+6 dan H+7 besok. “Pada hari ini (Kamis), arus penumpang, baik yang turun maupun naik pesawat dalam kondisi normal atau sekitar 20 ribuan penumpang per hari,” beber Handy Heryudhitiawan, GM Angkasa Pura 1 Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan.
Berdasarkan catatan Posko Terpadu Mudik Lebaran 2018 di Bandara SAMSS, pertumbuhan penumpang mencapai 2,76 persen atau 314.244 penumpang dibanding 2017 lalu yang mencapai 305.802 penumpang. Kondisi serupa juga terjadi pada pelayanan kargo yang naik 3,58 persen.
Baca Juga
Lihat juga...