Penukaran Uang Pecahan di NTT Capai Rp7 Miliar

159
Ilustrasi -Dok. CDN
KUPANG – Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Wilayah Nusa Tenggara Timur, mencatat jumlah penukaran uang pecahan kecil di provinsi itu untuk liburan Idul Fitri 1439 Hijriah mencapai Rp7 miliar.
“Jumlah ini terbilang cukup tinggi. Ini membuktikan ]antusias masyarakat NTT untuk menukar uang sangat tinggi, walaupun tak sebanding dengan di pulau Jawa,” kata Kepala BI Perwakilan NTT, Naek Tigor Sinaga, kepada wartawan di Kupang, Jumat (22/6/2018).
Hal ini disampaikan berkaitan dengan perkembangan total keseluruhan penukaran uang NKRI di NTT yang sudah dibuka sejak sebelum perayaan Idul Fitri.
Tigor mengatakan, dalam penukaran uang pecahan kecil di NTT itu, pihaknya melibatkan delapan kas titipan yang sudah tersebar di NTT. Sejumlah kas titipan itu juga kemudian membagi lagi ke dalam beberapa lokasi penukaran uang pecahan kecil.
Tigor merincikan, untuk Kas titipan Atambua, Kabupaten Belu, misalnya, membuka tujuh titik penukaran uang dengan total secara keseluruhan mencapai Rp783 juta, Kas titipan di kabupaten Alor membuka 15 kas titipan dengan total uang mencapai Rp675 juta.
“Kemudian di kota Maumere, kabupeten Sikka ada empat titik dengan total penukaran uang pecahan mencapai Rp400 juta,” tambahnya.
Kemudian juga di Kota Ende, ada tujuh titik penukaran dengan total penukaran mencapai Rp1,2 miliar, di Ruteng sembilan titik dengan total penukaran Rp1,5 miliar, Kota Waikabubak, Sumba Barat tujuh titik dengan total penukaran mencapai Rp748 juta, Waingapu, Kabupaten Sumba Timur lima titik dengan total penukaran Rp530 juta.
“Terakhir di Kabupaten Sabu Raijua, hanya satu titik dengan total penukaran uang pecahan mencapai Rp58 juta,” tambah Tigor.
Di samping itu, untuk Kota Kupang yang dilakukan selama empat hari di delapan titik, total penukaran uang pecahannya mencapai Rp1,2 miliar.
Dalam kesempatan tersebut, ia juga menyampaikan, bahwa penukaran uang pecahan yang sudah dilakukan itu juga bagian dari mendukung program 1.000 titik penukaran uang di seluruh wilayah Indonesia. (Ant)
Lihat juga...

Isi komentar yuk