Pesona Wisata Religi di Balikpapan Islamic Center

Editor: Satmoko Budi Santoso

288

 

BALIKPAPAN – Masyarakat Balikpapan sangat berbahagia dengan memiliki masjid yang megah dan besar yaitu Balikpapan Islamic Center (BIC). Berlokasi di Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan selatan.

Masjid yang dibangun sejak kepemimpinan Wali kota Balikpapan, Imdaad Hamid, dan diresmikan pada Februari 2017 lalu menjadi kebanggaan kota yang bertajuk Madinatul Iman itu.

Di atas lahan satu hektare lebih, Islamic Center ini terbangun dengan menghabiskan dana sekitar Rp300 miliar. Dengan anggaran yang besar itu, Balikpapan Islamic Center terlihat megah dengan desain yang sangat dikagumi banyak orang dan fasilitas yang disediakan relatif lengkap.

Suasana masjid yang lengang, nyaman. Foto: Ferry Cahyanti

Terbukti Balikpapan Islamic Center menjadi salah satu destinasi wisata religi favorit di kota minyak.

Balikpapan Islamic Center didesain mirip dengan Madinah, dan masjid ini dilengkapi balai serbaguna, tower, lahan parkir yang memadai, tempat resepsi penikahan serta kegiatan agama lainnya. Sejak masjid ini diresmikan telah digunakan berbagai kegiatan besar seperti tablik akbar dan lainnya.

Balikpapan Islamic Center menjadi ikon kota Madinatul Iman sehingga banyak pengunjung yang datang ke masjid ini baik dari Balikpapan maupun luar daerah. Bangunannya didominasi dengan warna putih yang memiliki keunikan seakan setiap saat menginjakkan kaki di Madinah.

Ketika memasuki masjid dapat ditemui empat menara yang mengelilingi masjid serta satu kubah. Ada pula enam payung berwarna putih layaknya Masjid Nabawi yang jadi simbol jumlah rukun iman.

Koridor panjang yang mengelilingi sebuah menara besar, seakan menyambut siapa pun yang masuk dalam kompleks masjid. Menara besar di masjid ini berfungsi sebagai tempat pengamatan astronomi serta hilal.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan Oemy Fasesly – Foto Ferry Cahyanti

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Balikpapan, Oemy Fasesly, menargetkan kunjungan wisatawan pada tahun ini mencapai 3 juta orang yang terdiri mancanegara dan domestik.

“Wisata religi itu ada Balikpapan Islamic Center paling banyak dikunjungi. Tiap hari ada pengunjungnya dari luar daerah,” bebernya, Minggu (24/6/2018).

Pihaknya menargetkan kunjungan wisatawan dari destinasi religi mencapai 10 ribu pengunjung dari luar daerah.

Salah seorang pengunjung Tirta, mengatakan, berkunjung ke BIC tidak hanya menunaikan ibadah namun juga melihat kemegahan masjid ini.

“Kemegahan masjidnya membuat kita adem, dan bangga ada masjid yang besar serta megah,” imbuhnya saat berkunjung ke BIC.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.