Pilgub Kaltim Siap Diplenokan Tingkat Kecamatan

Editor: Mahadeva WS

Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha – Foto Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Balikpapan diberikan waktu hingga 1 Juli 2018 untuk merekapitulasi perolehan suara Pilgub Kalimantan Timur (Kaltim).

Direncanakan, rapat pleno rekapitulasi suara tingkat kota akan digelar KPU Balikpapan pada 4 Juli 2018 mendatang. “Kita putuskan pada 29 Juni untuk melakukan pleno rekapitulasi tingkat kecamatan yang dilakukan teman-teman PPK,” ungkap Ketua KPUD Balikpapan Noor Thoha Kamis (28/6/2018).

Dalam pleno tingkat kecamatan, PPK merekap seluruh perolehan suara dari keempat pasangan calon pada Pilgub Kaltim. Yang direkap adalah suara yang dihimpun dari seluruh TPS yang ada di masing-masing kecamatan. Hasil dari rekapitulasi tersebut secara berjenjang akan direkapitulasi hingga ke tingkat provinsi.

Sementara itu mengenai hasil real count, Thoha menyebut, hasil sementara yang didapatkan dari data scan C1, menempatkan pasangan calon nomor urut tiga unggul. “Disusul paslon nomor 1. Itu selisihnya tipis, nol koma sekian,” sebut Thoha.

Kendati demikian ditegaskannya, hasil tersebut merupakan hasil sementara. Karena yang menjadi acuan adalah hasil pleno, yaitu mulai dari tingkat kelurahan sampai tingkat kota. “KPU tetap mengacu pada hasil rekapitulasi manual yang dilakukan di setiap tingkatan, jadi untuk pastinya lihat hasil manualnya,” imbuh Thoha.

Pilgub Kaltim diikuti empat pasangan calon yaitu, Sofyan Hasdam-Rizal Effendi, Syaharie Jaang-Awang Ferdian, pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi serta pasangan Rusmadi-Safaruddin.

Lihat juga...