Polda Bali Deportasi 105 WNA Cina Pelaku Cyber Fraud

Editor: Koko Triarko

274
BADUNG — Polda Bali memulangkan 105 orang berkewarganegaraan Cina yang terlibat tindak pidana cyber fraud international. Pemulangan serta penyerahan langsung dipimpin oleh Wakapolda Bali, Brigjen Pol. I Wayan Sunartha, di Bandara Ngurah Rai Denpasar, Rabu (6/5/2018).
Brigjen Pol. Drs. I Wayan Sunartha, menyampaikan, para pelaku penipuan ini ditangkap atas kerja keras Unit Cyber Crime Dit. Reskrimsus Polda Bali, bersama Satgas CTOC Polda Bali.
Wakapolda Bali, Brigjen Pol. I Wayan Sunartha, saat memimpin proses pemulangan 105 WNA Cina pelaku tindak pidana cyber fraud international di Bandara Ngurah Rai Denpasar, Rabu, (6/6/2018). -Foto: Sultan Anshori.
Menurutnya, mereka ditangkap di tiga lokasi berbeda. TKP pertama di jalan perumahan Mutiara Abianbase No. Mengwi Badung. Di TKP pertama ini petugas berhasil mengamankan 43 orang WNA Cina dengan rincian 7 perempuan dan 36 laki-laki.
TKP kedua di jalan Bedahulu XI No.39 Denpasar, dan petugas berhasil mengamankan 30 orang WNA China dengan rincian 3 perempuan dan 27 laki-laki. Kemudian di TKP ketiga di Jalan Gatsu I Nomor 9 Denpasar, petugas kembali berhasil mengamankan 32 orang WNA Cina dengan rincian 1 perempuan dan 31 laki-laki.
“Kami mengapresiasi kerja keras semua tim, sehingga kasus ini bisa terbongkar. Dari 105 orang pelaku, 94 orang laki-laki dan 11 orang perempuan, dalam kasus tindak pidana cyber fraud international”, tegas Wakapolda Bali.
Wakapolda Bali juga menambahkan, jika sebelumnya Unit Cyber Crime Dit.Reskrimsus Polda Bali bersama satgas CTOC Polda Bali sudah melakukan joint investigation dengan Kepolisian Cina, untuk mengungkap semua jaringan ini, dan untuk melakukan proses penegakkan hukum selanjutnya, sampai proses deportasi yang dilaksanakan hari ini.
“Polda Bali juga berkoordinasi  dengan  pihak  imigrasi”, jelas polisi bintang satu di pundak ini.
Selain berhasil mengamankan 105 WNA Cina, petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa telepon, laptop, paspor, handphone, Router, Printer, HUB yang digunakan dalam melakukan tindak pidana cyber fraud.
WNA Cina berjumlah 105 orang yang ditangkap oleh Unit Cyber Crime Dit.Reskrimsus Polda Bali bersama Satgas CTOC Polda Bali dalam kasus tindak pidana cyber fraud dijemput menggunakan pesawat khusus oleh Kepolisian China, dan diberangkatkan pada pukul 12.20 WITA.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.