Polisi : Jalur Alternatif Kamojang Bisa Menghindari Kemacetan

284
Ilustrasi - Dok CDN

GARUT – Polres Garut menyebut, kendaraan wisatawan maupun pemudik dapat memanfaatkan jalur alternatif Kamojang yang menghubungkan Bandung dengan Garut untuk menghindari kemacetan di jalan nasional Tarogong-Leles-Kadungora, menuju Bandung.

Jalur alternatif di Garut salah satunya jalur Kamojang dapat dilintasi kendaraan untuk menghindari kepadatan kendaraan saat musim arus balik. “Pengguna jalan bisa gunakan jalur-jalur alternatif,” kata Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Garut AKP Erik Bangun Prakasa di Garut, Senin (18/6/2018).

Pengendara yang hendak menggunakan jalur alternatif Kamojang, disarankan untuk terlebih dahulu memeriksa kondisi kendaraan. Hal itu dikarenakan, jalan alternatif tersebut melewati jalur berkelok, menanjak dan turunan tajam. “Hati-hati, jangan kebut-kebutan, pastikan kondisi kendaraan prima,” kata Erik.

Dari pengamatannya, arus balik lebaran di Garut sudah mulai terjadi di jalur Kadungora-Leles maupun di jalur Malangbong-Limbangan. Personel polisi sudah disiagakan di setiap jalur mudik, termasuk pengamanan di jalur alternatif dan objek wisata.

Kabupaten Garut memiliki jalur alternatif yang menghubungkan langsung ke Bandung yakni Jalur Kamojang dan jalur Cijapati. Alternatif lain juga ada di jalur mudik di kawasan Malangbong yakni jalur Wado yang menghubungkan ke Sumedang. Selain itu jalur alternatif di kawasan Garut yakni Cibatu, dan Leuwigoong, Banyuresmi. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...