hut

Polisi Kawal Logistik Pilkada di Lampung

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG — Kepolisian Resor Lampung Selatan, bersama Satpolair Polres Lamsel, melakukan pengawalan pendistribusian logistik pemilihan umum kepala daerah (Pemilukada) di Lampung.
Wakapolres Lamsel, Kompol Indra Novianto, menyebut pengawalan distribusi kotak suara berikut surat suara dilakukan ke sejumlah pulau di wilayah Lamsel, di antaranya Pulau Sebesi dan Rimau Balak.
Wakapolres Lamsel, Kompol Indra Novianto [Foto: Henk Widi]
Menurutnya, pendistribusian logistik pemilu berangkat dari Dermaga Keramat, Desa Sumur, Kecamatan Ketapang. Menggunakan kapal patroli polisi XXV 2003 Direktorat Kepolisian Air Polda Lampung, yang ditugaskan dalam pengamanan kotak suara di wilayah kepulauan.
Ada pun personel terdiri dari tigabelas anggota polisi dari Polres, Polsek Penengahan, Satpolair Lamsel, didampingi oleh anggota KPU Lamsel, PPK Kecamatan Ketapang dan panitia PPS dalam pendistribusian logistik ke pulau Rimau Balak.
“Hari ini pendistribusian logistik pemilukada dilakukan ke dua pulau di Lampung Selatan, dengan pengawalan dari Polres Lamsel. Sementara untuk pengamanan di TPS disiagakan dua personel polisi hingga saat pencoblosan,” terang Kompol Indra Novianto, saat dikonfirmasi Cendana News, di Dermaga Keramat, Selasa (26/6/2018)
Pada pendistribusian logistik pemilukada Lampung, ia menyebut kondisi cuaca perairan Selat Sunda dalam kondisi teduh. Wilayah Pulau Rimau Balak masuk dalam wilayah Polsek Penengahan, sehingga pada proses pengamanan didampingi oleh Kapolsek Penengahan, AKP D. Sidauruk.
Sesuai data, di Pulau Rimau Balak ada satu tempat pemungutan suara, sementara di Sebesi yang berada di wilayah Polsek Kalianda ada enam TPS.
Sebelumnya, ungkap Kompol Indra Novianto, Kapolres Lamsel, AKBP M. Syarhan, juga telah melakukan kunjungan ke Pulau Rimau Balak dan Pulau Sebesi. Peninjauan dilakukan oleh Kapolres untuk memastikan situasi Pemilukada yang akan berlangsung pada 27 Juni 2018 berjalan aman di dua pulau berpenghuni di Lamsel tersebut. Kapolres Lamsel mengimbau, agar masyarakat menjaga situasi, agar Pilkada bisa berjalan kondusif.
Ditemui di Dermaga Keramat, Sekretaris KPU Lamsel, Bejo Purnomo, menyebut ada s1 TPS di Pulau Rimau Balak yang berada di TPS 11 Desa Sumur, Kecamatan Ketapang.
Ia menyebut, pengawalan dilakukan oleh anggota Polres Lamsel, agar pendistribusian logistik pemilu berjalan lancar. Khusus untuk Pulau Rimau Balak, ia menyebut ada 185 mata pilih dalam Pemilukada 2018 yang merupakan warga Desa Sumur yang tinggal di pulau.
“Pendistribusian logistik ke pulau memang harus menggunakan kapal, sehingga kotak suara dan surat suara sesuai prosedur harus dibungkus dengan plastik menghindari terkena air,” terang Bejo Purnomo.
Ketua Panitia Pemungutan Suara Desa Sumur, Suyadi, menyebut di wilayah itu pada Pemilukada 2018 ada 11 TPS, dengan 10 TPS berada di daratan, dan 1 TPS di Pulau Rimau Balak.
Di wilayah Desa Sumur, tercatat ada  3.687 mata pilih dan 185 mata pilih di antaranya berada di Pulau Rimau Balak yang ada di Selat Sunda.
Lihat juga...
error: Terimakasih Sudah Berkunjung !!