banner lebaran

Polisi Tes Urine Sopir Bus di Terminal

118
Ilustrasi tes urine - Dok. CDN

MADIUN — Petugas Polres Madiun Kota melakukan tes urine terhadap sejumlah sopir bus yang masuk ke Terminal Purboyo Kota Madiun, Jatim, guna mendeteksi adanya penggunaan narkoba dan minuman keras yang ditinjau langsung oleh Kapolres setempat.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Nasrun Pasaribu, Senin (11/6/2018) mengatakan, tes urine deteksi penggunaan narkoba dan minuman keras di kalangan sopir tersebut dilakukan dalam rangka masa angkutan Lebaran 2018 serta HUT ke-72 Hari Bhayangkara dan Satgas Nusantara. Pemeriksaan kesehatan bekerja sama dengan bidang kedokteran dan kesehatan (Bidokkes) Polres Madiun Kota.

“Tes urine ini untuk memastikan seluruh sopir dan kru angkutan di wilayah Madiun tidak menggunakan dan dalam pengaruh narkoba serta minuman keras saat bertugas,” ujar AKBP Nasrun.

Kepada sopir bus, di meminta tetap mentaati aturan lalu lintas saat di jalan dan menjaga keselamatan. Karena masyarakat yang mudik ini, inginnya sampai di rumah dalam keadaan selamat dan sehat sehingga dapat melaksanakan lebaran di kampung halamannya.

Dari hasil pemeriksaan, tidak ditemukan sejumlah sopir dan awak bus yang mengonsumsi narkoba maupun minuman beralkohol.

Selain tes urine, petugas Polres Madiun Kota juga mengecek kelayakan sejumlah armada bus yang digunakan untuk angkutan lebaran. Kapolres menegaskan pemeriksaan kesehatan, tes urine para sopir, dan dan kelaikan kendaraan tersebut bertujuan memberikan jaminan keamanan dan keselamatan penumpang.

“Kalau ada yang ugal-ugalan di jalan ataupun sampai membahayakan masyarakat serta penumpang akan kami tindak tegas,” katanya.

Kepala Terminal Tipe A Purboyo Madiun, Hari Suhardana, mendukung upaya Polres Madiun Kota melakukan pemeriksaan kesehatan kru bus maupun kelayakan kendaraan.

“Hal ini untuk mmberikan keamanan dan kenyamanan penumpang. Jika ada yang melanggar, maka akan dilarang beroperasi,” kata Hari.

Sementara, selain memantau langsung tes urine sopir bus yang dilakukan Satuan Lalu Lintas di Terminal Madiun, Kapolres Madiun Kota juga melaksanakan pengecekan ke seluruh pos pengamanan (pos pam) Operasi Ketupat Semeru 2018 di wilayah Hukum Polres Madiun Kota.

Pengecekan pertama dilaksanakan di Pos Pam Pahlawan. Selanjutnya pengecekan dilanjutkan d Pos Pam Alun-Alun dan menuju ke Pos Pam Jiwan, Pos Pam Terminal Madiun, dan terakhir Pos Pam Pasar Besar Madiun.

Secara umum hasil pemantauan di masing-masing pos pam tersebut tercatat situasi dan arus lalu lintas di sekitar pos terpantau lancar dan kondusif. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.