Polres Banjarbaru Tingkatkan Patroli Permukiman

208
Polisi menggelar operasi cipta kondisi, ilustrasi - Dok. CDN

BANJARBARU – Polres Banjarbaru, Kalimantan Selatan meningkatkan patroli personel di kawasan permukiman. Hal itu dilakukan untuk mencegah aksi pencurian rumah kosong yang ditinggal penghuninya mudik Lebaran.

Kapolres Banjarbaru AKBP Kelana mengatakan, kawasan permukiman yang didatangi tidak hanya di kawasan tertentu. “Menjelang Idul Fitri, banyak rumah kosong ditinggal penghuninya pulang kampung sehingga patroli permukiman ditingkatkan,”ujar AKBP Kelana, Rabu (13/6/2018).

Patroli dilakukan oleh anggota kepolisian di hampir seluruh kawasan perumahan penduduk yang banyak tersebar di kota itu. “Patroli yang dilakukan petugas baik menggunakan kendaraan roda empat, sepeda motor termasuk patroli sepeda serta patroli kawasan perairan seperti di Kecamatan Aluh-aluh,” kata Kapolres Banjarbaru.

Personel kepolisian yang dilibatkan dalam patroli kawasan permukiman baik berseragam polisi maupun berpakaian preman. Mereka bergerak mengawasi berbagai kawasan. Patroli permukiman diperlukan untuk mengantisipasi potensi tindak kriminalitas.

Kota Banjarbaru banyak dihuni kalangan aparatur sipil negara (ASN), sehingga kemungkinan besar banyak meninggalkan rumah untuk mudik atau pulang kampung. “Kami meminta, meskipun petugas melakukan patroli kawasan permukiman, pemilik rumah juga menambah sarana pengaman di rumahnya sehingga tidak menjadi sasaran pencurian,” pesannya.

Pemilik rumah diminta memperhatikan secara seksama kondisi rumahnya sebelum ditinggalkan. Beberapa hal yang bisa dilakukan seperti melepas selang tabung kompor gas, mengecek jaringan PDAM dan aliran listrik. Pemilik rumah juga diimbau memberitahukan kepergian mereka kepada tetangga terdekat atau Ketua RT sehingga bisa saling mengawasi rumah kosong.

“Jika tetangga diberi tahu adanya rumah kosong, mereka bisa ikut menjaga dan Ketua RT juga bisa berkoordinasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atas rumah itu,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.