Puncak Sosok, Area Wisata Baru di Kawasan TPA Piyungan

Editor: Satmoko Budi Santoso

1.660

YOGYAKARTA – Keindahan potensi alam Desa Bawuran, Pleret, Bantul, Yogyakarta benar-benar dimanfaatkan oleh warga setempat untuk kepentingan bersama.

Sebuah bukit kecil yang tak jauh dari Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah, mampu mereka sulap menjadi sebuah lokasi wisata menarik yang ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi wisata baru di Bantul itu bernama Puncak Sosok, yang terletak di Desa Bawuran, Pleret, Bantul. Berada di sebelah timur Pasar Pleret, atau sebelah selatan TPA Piyungan, Puncak Sosok, menjadi primadona baru di Yogyakarta.

Salah seorang pengunjung Ana – Foto Jatmika H Kusmargana

Letaknya yang hanya sekitar 10 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta, menjadi pilihan tepat untuk menghabiskan waktu di akhir pekan. Terlebih, Puncak Sosok menawarkan keindahan panorama senja dari atas bukit yang menawan.

Di sisi sebelah barat, hamparan persawahan dan pemukiman warga nampak membentang. Hijaunya perbukitan Gunung Sewu, memanjang di sisi sebelah selatan. Tak hanya itu, dari atas puncak, pengunjung juga bisa menyaksikan TPA Piyungan dengan segala aktivitasnya.

Dibuka sejak 2017 lalu, perkembangan Puncak Sosok terbilang pesat. Berbagai fasilitas telah dibangun untuk memanjakan wisatawan.

Lokasi wisata yang jadi satu pengelolaannya dengan Puncak Gebang dan Bike Park Gebang ini telah memiliki akses jalan yang baik. Sejumlah fasilitas mulai dari kamar mandi, gazebo, taman bermain, hingga musala telah dibangun. Bahkan warung-warung warga dibuat sedemikian rupa untuk menarik pengunjung.

“Mulai ramai sejak beberapa bulan terakhir, setelah akses jalan dibeton. Selama libur Lebaran ini semakin ramai. Setiap hari ada ratusan pengunjung yang datang,” ujar salah seorang pengelola warga Setempat, Bowo.

Bowo mengatakan, awalnya puncak Gebang dan Puncak Sosok ini merupakan tempat favorit para pesepeda. Sejumlah event balap sepeda beberapa kali digelar di lokasi ini. Dari situlah Puncak Sosok dan Puncak Gebang dikenal.

Sejumlah fasilitas di kawasan wisata puncak Sosok Bawuran Pleret Bantul – Foto Jatmika H Kusmargana

“Karena banyak yang foto-foto akhirnya semakin banyak pengunjung. Tidak hanya pesepeda saja, tapi juga wisatawan,” katanya.

Ana, salah seorang pengunjung, warga Piyungan, Bantul, mengaku tertarik datang ke Puncak Sosok karena lokasinya yang tak jauh dari tempat tinggalnya. Ia mengaku baru tahu jika ada lokasi wisata baru di kawasan Bawuran, Pleret, Bantul ini.

“Diajak anak, katanya ada wisata baru. Ternyata dekat. Dan pemandangannya juga bagus,” ujarnya.

Baca Juga
Lihat juga...