banner lebaran

Ratusan Pemudik Belum Dapat Tiket Kapal Laut

Editor: Satmoko

148

BANJARMASIN – H-5 jelang Lebaran ratusan pemudik di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin belum mendapatkan tiket kapal laut untuk melakukan mudik Lebaran.

Dari pantauan lapangan, Minggu (10/6/2018) ratusan pemudik yang belum mendapatkan tiket tersebut membuka lapak untuk beristirahat di ruang tunggu penumpang luar sambil menunggu adanya kepastian mendapatkan tiket dari operator kapal laut.

Kasi Angkutan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin, Noor Imansyah mengakui, dari pendataan yang dilakukan pihaknya kemarin ada sekitar 255 pemudik yang datang ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin belum mendapatkan tiket untuk mudik Lebaran.

Kasi Angkutan Laut Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Banjarmasin Noor Imansyah (kanan) – Foto Arief Rahman

“Mereka ini hampir sebagian besar tidak memesan terlebih dahulu tiket kapal laut sebelum ke Pelabuhan Trisakti Banjarmasin. Maka saat tiket tidak lagi tersedia di loket, mereka terpaksa harus bermalam di pelabuhan sambil menunggu tiket tambahan,” jelasnya.

Walau begitu KSOP Banjarmasin sudah melakukan koordinasi kepada operator kapal agar bisa menyediakan tiket tambahan untuk menampung ratusan penumpang yang belum memiliki tiket. Sejauh ini dari 225 pemudik sudah ada sekitar 65 pemudik yang bisa diberangkatkan.

“Kita usahakan untuk sisanya akan ditampung pada operator kapal lainnya. Kami optimislah semua penumpang yang tidak kebagian tiket ini bisa diberangkatkan semuanya dalam waktu dekat,” tambahnya.

Jika nantinya gelombang jumlah pemudik yang tidak kebagian tiket terus bertambah lima hari terakhir ini, pihaknya juga sudah bersiap melakukan kebijakan pengurangan jumlah angkutan truk yang diangkut oleh kapal roro.

“Jadi kalau mobil truk dikurangi, bisa dialokasikan untuk menambah jumlah pemudik yang berangkat. Hal ini memang biasa kita lakukan di beberapa tahun sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Sartono, salah satu pemudik asal Batulicin mengaku sudah dua hari terakhir ini menginap di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin karena belum mendapatkan tiket dari operator kapal.

Ia pun berharap, bisa segera mendapatkan tiket kapal laut untuk mudik Lebaran ke kampung halamannya yang ada di daerah Pasuruan, mengingat ia sudah cukup lama bermalam di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin.

“Sudah di data kemarin oleh pihak KSOP Banjarmasin. Katanya tadi sudah ada operator kapal yang siap menyediakan tiket, namun harus bersabar menunggu antrian,” tuturnya.

Sekadar diketahui, dari data penumpang yang terpampang di Posko Bersama di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, untuk jumlah penumpang yang naik dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Trisakti sampai H-7 mencapai 370 orang. Angka ini jauh lebih rendah dibanding Tahun 2017 lalu yang mencapai 424 orang.

Lalu untuk jumlah penumpang yang naik dari Pelabuhan Trisakti Banjarmasin ke Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya sampai H-7 mencapai 3.530 orang. Angka ini jauh lebih rendah dibanding pencapaian tahun 2017 lalu yang mencapai 5.321 orang.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.